Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM – Tokoh masyarakat Bali menyokong wisata budaya. Budaya Bali sangat tinggi. Semua orang bisa melihat di relif ukiran pada candi atau pura. Keluhuran manusia Bali juga tercermin pada bahasa dan sastra yang dalam bentuk fisiknya adalah pertunjukan tari, gamelan, wayang dan sendratari. Upacara keagamaan adalah jiwa  keluhuran budaya Bali yang cocok dijadikan ajang wisata budaya.

Kepribadian orang Bali terukur dari budayanya yang menarik minat wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Pemerintah Bali menyerukan ajeg Bali dalam menyambut wisatawan. Industri pariwisata Bali dibanjiri turis dari mancanegara. Wisatawan berkunjung ke Bali ingin melihat sesuatu yang lain yakni budaya Bali yang unik dibandingkan dengan negara manapun di seantero dunia.

Strategi dinas keparisataan Bali adalah mendidik remaja di sekolah kejuruan pariwisata setingkat SMK. Dengan demikian tenaga kerja dari Bali sendiri yang mengisi lowongan di hotel-hotel dan restoran yang menjamur di pusat wisata seperti Sanur, Kuta, Nusa Dua dan Ubud di pedalaman Gianyar. Budaya Bali juga mencakup lukisan gaya Ubud dan gaya Kamasan.

Segenap pelaku industri di Bali diwajibkan mempromosikan berbagai produk tekstil khas Bali seperti kain endek dan songket. Belajar dari tanah Jawa yang mengusung kain batik sebagai komoditi wisata di sana. Budaya Bali mencakup budaya agraris alias pertanian. Artefak seperti sistem pengairan subak juga menarik dijadikan kemasan wisata budaya.

Penulis :
I Wayan Budiartawan

loading...