Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perajin Kota Denpasar berhasil mendominasi lomba kerajinan dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2019 ini. Juara I lomba desain tenun cagcag dan juara I desain perhiasan emas mampu disabet perajin Kota Denpasar.

“Ajang lomba desain kerajinan di PKB tahun ini perajin Denpasar mampu menyabet juara I desain dari dua kategori desain yang dilombakan. Hal ini dapat menjadi cambuk penyemangat bagi perajin dalam meningkatkan inovasi dan kreatifitas kedepan,” ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra saat ditemui, Selasa (9/7/2019) kemarin di Denpasar.

Lebih lanjut Ny. Selly mengatakan motivasi dalam setiap kegiatan monitoring dan evaluasi bagi perajin di Kota Denpasar rutin dilaksanakan melibatkan stakeholder OPD terkait Pemkot Denpasar, dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dekranasda dan perajin itu sendiri. Langkah ini mampu memberikan dorongan semangat para perajin untuk terus melakukan inovasi serta memberikan pendampingan dalam menanggulangi berbagai permasalahn yang dihadapi.

“Pendampingan dalam monitoring dan evaluasi rutin kami laksanakan bersama stakeholder yang ada di Denpasar memberikan pendampingan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi para perajin,”ujar Ny. Selly.

Baca Juga :  Serangkian Kasanga Festival, Sagung Antari Jaya Negara Buka Sarasehan Banten Ngesanga

Permaslaahan seperti permodalan, tenaga kerja, hingga produksi terus dilakukan koordinasi dan komunikasi. Pengingkatan produksi dilakukan lewat inovasi seperti pelatihan, berpameran hingga peningkatan eksistensi tenun endek melalui fashion show. Hal ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perajin untuk terus berinovasi sehingga berdampak pula dalam daya saing produk perajin ditingkat daerah hingga Nasional.

“Denpasar yang tidak memiliki sumber daya alam, namun memiliki sumber daya manusia yang dapat terus diberdayakan memunculkan kreatifitas dan inovasi baik dalam melahirkan produk yang kaya ragam dan warna,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut Ny. Selly juga mengapresiasi semangat para perajin Denpasar untuk berkreatifitas yang mampu menorehkan prestasi dalam ajang PKB tahun ini.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Nyepi, Pemkot Denpasar dan Pelindo Serahkan Paket Sembako di Kelurahan Serangan

Sementara Kabid Industri Kerajinan, Aneka dan Sandang, Disperindag Denpasar, Ida Ayu Dewi Citrawati mengatakan pendamoingan kontinu dilakukan kepada perajin dalam meningkatkan daya saing produk. Pada PKB tahun ini dua perajin berhasil menyabet juara I untuk desain tenun cagcag diraih Jepun Bali dan desain perhiyasan emas diraih Sunaka Jewerly, serta kategori desain produk sandang, perajin Denpasar meraih Juara II dari perajin MG Colektion. Tidak hanya bersaing produk diajang PKB, namun dalam promosi dan peningkatan produk dilakukan melalui rumah kemasan dan ruang pameran di Rumah Belanja Kota Denpasar berlokasi di Jl. Melati Denpasar.

Masyarakat dapat melihat langsung dan mungkin mengoleksi ragam produk kerajinan Denpasar di rumah belanja yang memfasilitasi para perajin untuk berpromosi. Disamping itu langkah ini juga didukung dengan teknologi informasi memasarkan produk perajin. Dayu Citra juga menjelaskan bahwa penguatan Industri Kecil Menengah (IKM) juga dilaksanakan pelatihan yang memberikan materi terkait teori dan praktek manajemen kewirausahaan.

Baca Juga :  Resmikan Toko Ke-2 di Teuku Umar Bali, Electronic City Hadirkan Suasana Belanja yang Lengkap dan Terpercaya

Hal ini bertujuan untuk memotiviasi para pelaku usaha pemula agar mampu mengelola usaha yang dimiliki. Terlebih lagi mampu berpikir dan bertindak secara kreatif dan inovatif serta mempunyai keberanian dalam menangkap peluang.  Terlebih keberadaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) tetap mampu bertahan ditengah krisis perekonomian yang pernah melanda Indonesia.  Hal ini yang menjadi salah satu upaya Kota Denpasar mengembangkan kebaradaan IKM dengan menyiapkan wirausaha baru yang tangguh, mandiri dan siap dengan tantangan perubahan. (pur/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News