BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pembukaan Sanur Fiesta 2019 dilangsungkan pada Kamis (13/6/2019) sore di Lapangan Pica, Sanur dan dibuka  oleh Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani didampingi Camat Densel Wayan Buda, Perbekel Desa Sanur Kaja I Made Sudana serta tokoh masyarakat lainnya.  Sanur Fiesta merupakan event tahunan yang digagas bersama Pemerintah Desa Sanur Kaja bersama Karang Taruna Asta Dharma Sanur.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani saat ditemui mengatakan digelarnya Sanur Fiesta Tahun 2019 menjadi kesempatan bagi masyarakat Desa Sanur Kaja untuk menggali seluruh potensi desanya dan juga bagi pemuda – pemudi Desa Sanur Kaja untuk turut berperan melestarikan seni budaya melalui kegiatan bermuatan seni budaya yang ada didalamnya.

“Sanur Fiesta 2019 yang juga dirangkaikan dengan pemilihan Teruna Teruni Desa Sanur Kaja Tahun 2019 tentu agar dapat menemukan potensi potensi baru yang nantinya berperan menjadi duta pariwisata Desa Sanur Kaja yang telah terseleksi dengan baik bagi wilayahnya masing- masing serta dapat mewakili Desa Sanur Kaja pada Pemilihan Teruna Teruni Denpasar. Besar harapan kegiatan semacam ini semakin banyak dilaksanakan ditingkat pemerintahan desa diseluruh Kota Denpasar untuk memberdayakan seluruh potensi desa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama generasi muda agar terhindar dari perilaku negative,” ungkap Dezire Mulyani.

Ketua Panitia Sanur Fiesta 2019, Ade Arimbawa saat ditemui mengatakan bahwa pelaksanaan Sanur Fiesta 2019 merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya.

“Sanur Fiesta merupakan event rangkaian budaya yang dilaksanakan sesuai dengan program Pemerintah Kota Denpasar dan Desa Sanur Kaja serta Karang Taruna Asta Dharma Sanur yang pada tahun ini mengambil tema Eksistensi Kearifan Lokal di Era Milenial. Tujuan pelaksanaan acara ini untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat khusunya generasi muda di era kekinian ini untuk tetap sadar dalam menjaga kebudayaan yang telah diwariskan generasi terdahulu,” terangnya.

Ditambahkannya, Sanur Fiesta 2019 yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 16 Juni 2019 diisi dengan pagelaran dan atraksi budaya. “Pada hari pertama, digelar penyuluhan serta pelatihan menulis aksara bali menggunakan aplikasi Bali Simbar. Kemudian di hari kedua, dilaksanakan workshop dari IKM/UKM Kota Denpasar. Hari Ketiga Sanur Fiesta 2019 digelar Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal serta Festival Band dan di hari terakhir digelar Malam Grand Final Pemilihan Teruna- Teruni Desa Sanur Kaja Tahun 2019.

Khusus Pemilihan Teruna-Teruni Desa Sanur Kaja Tahun 2019 diikuti oleh 6 pasang pemuda pemudi perwakilan 8 banjar di Desa Sanur Kaja. Proses pemilihannya sendiri terdiri dari tiga tahapan yaitu seleksi awal dan pembekalan dilaksanakan pada 26 hingga 30 mei, malam bakat dilaksanakan pada 13 Juni dan Malam Grand Final Pemilihan Teruna- Teruni Desa Sanur Kaja Tahun 2019 dilaksankan pada 16 Juni. Teruna – Teruni Desa Sanur Kaja terpilih nantinya akan berperan sebagai duta pariwisata yang mengenalkan potensi Desa Sanur Kaja di setiap kesempatan. (esa/humas-dps/bpn)