BALIPORTALNEWS.COM – Hari ini Jumat (26/04/2019) adalah hari pertama penyelenggaraan kegiatan Geobike Kaldera Toba 2019. Pagi tadi, para peserta Geobike dan panitia dari Rumah Karya Indonesia (RKI) berkumpul di Taman Budaya Sumatera Utara untuk persiapan keberangkatan menuju Geosite Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan, yang menjadi tempat awal jalur funbike dari empat kabupaten. Tahun ini Geobike Kaldera Toba akan melalui 4 kabupaten pinggiran Danau Toba, yaitu Humbang Hasundutan, Taput, Tobasa, dan Simalungun.

“Selain peserta funbike, ada 15 orang yang berkesempatan mengikuti event ini. Mereka sebagai pejalan atau traveler yang diajak untuk melihat keseruan kegiatan Geobike Kaldera Toba, sekaligus mengunjungi beberapa kawasan wisata Danau Toba yang juga nantinya akan dilalui oleh peserta funbike”, ujar Ojax Manalu (Manager Pelaksana).

Sampai di Geosite Sipinsur, para peserta akan dibagikan tenda yang akan diisi oleh tiga (3) orang setiap tenda, yang sudah disusun oleh panitia pelaksana. Selain untuk funbike, di sini para peserta juga berkesempatan untuk saling mengenal satu sama lain. Kemudian para peserta akan diarahkan untuk bersitirahat sejenak sambil menikmati indahnya pemandangan Danau Toba dari atas Geosite Sipinsur.

Baca Juga :  Kemenag Gelar Lomba Film Pendek Pemuda Hindu, Ini Ketentuannya

Pada malam harinya, akan ada acara Ngobrol Toba yang bertema “Mimpi Pemuda Di Masa  Depan  Danau  Toba”,  dengan  lima  pembicara  yaitu  Siparjalang,  Martahan  Sitohang, Elkando Purba, Lexwan Marbun, dan Ojax Manalu. Dan juga akan ada Pertunjukan Seni Budaya sebagai hiburan untuk para peserta. Di acara ini akan ada sambutan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, GM BP Geopark Kaldera Toba, juga Bupati Humbang Hasundutan. Dan acara ini juga sebagai acara pembuka dari event Geobike Kaldera Toba 2019.

Saat ditemui, Niko Sitohang juga mengatakan bahwa acara Ngobrol Toba ini sebagai media untuk saling memberi informasi, sharing pengetahuan, dan juga akan dibuka ruang untuk diskusi. Niko juga menghimbau kepada masyarakat sekitar Geosite Sipinsur untuk datang dan memeriahkan acara malam nanti, karena akan banyak informasi dan sharing pengalaman yang diberikan oleh para pembicara.(r/bpn)