Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – International Handicraft Trade Fair (Inacraft) yang merupakan ajang pameran produk kerajinan terbesar di Indonesia ini kembali digelar. Kegiatan yang berlangsung dari 24-28 April ini menjadi kesempatan bagi Pemkot Denpasar untuk menampilkan ragam produk hasil kerajinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Denpasar.

Pada gelaran tahun 2019 ini, terdapat tujuh perajin yang tergabung di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar dibawah binaan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Kota Denpasar terlibat dalam gelaran Inacraft yang di buka secara resmi Presiden RI, Ir. Joko Widodo didampingi Ny. Iriana Joko Widodo, Rabu (24/4/2019) di Jakarta Convention Centre, Jakarta.

Ajang pameran perajin Denpasar dalam Inacraft ini mendapat dukungan Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara didampingi Ny. Kerti Rai Iswara, Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena serta Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Denpasar, Made Saryawan dengan mendukung langsung stand pameran perajin binaan Pemkot Denpasar.

Tampak Ny. Selly Dharmawijaya Mantra berbaur bersama perajin di stand pameran Inacraft  serta ikut mempromosikan produk kerajinan Denpasar kepada banyaknya pengunjung di stand Dekranasda Kota Denpasar.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison dan Huawei Bersatu Demi Pengembangan Digital di Indonesia

“Kami melibatkan para perajin dan juga Wirausaha Muda yang ada di Kota Denpasar ,” ujar Ny. Selly Mantra.

Adapun produk yang dipamerkan ketujuh perajin UMKM Kota Denpasar meliputi endek lukis, kerajinan bordir, tenun ikat endek, sandal endek, asesoris, body scrub cream, boneka, sandal kulit, silver, serta kebaya dan tenun. Dimana keselurunan produk yang dipamerkan ini merupakan kerajinan khas dari Kota Denpasar.

Dengan adanya pemeran Inacraft yang diikuti perajin Kota Denpasar ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan ragam corak dan motif kerajinan Denpasar di tingkat Nasional. Seperti tenun ikat endek yang menjadi salah satu produk pameran yang memiliki nilai lebih dalam keberagaman dunia fashion saat ini namun tetap menjaga kearifan lokal yang ada. Disamping mempromosikan produk kerajinan, dari ajang ini perajin diharapkan dapat menggali ide maupun melihat peluang-peluang dalam meningkatkan inovasi produk kerajinan.

“Kami berharap perajin memanfaatkan event ini menjadi sebuah ajang promosi tingkat nasional bahkan internasional. Dan yang tak kalah penting lagi adalah memperkenalkan ciri khas, keunikan serta keunggulan produk kerajinan dari Kota Denpasar,” ungkap Ny. Selly Dharmawijaya Mantra.

Hal senada disampaikan Kadis Koprasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena didampingi Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Denpasar, Made Saryawan  yang menekankan agar UMKM yang berkesempatan berpameran di Inacraft tahun 2019 ini untuk memanfaatkanya sebagai ajang promosi. Hal ini lantaran gelaran  Inacraft ini bukan lagi merupakan event dengan sekala nasional, melainkan internasional dengan sajian pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Hadiri Business Matching 2024 "Belanja Produk Dalam Negeri"

“Kedepanya kami di Pemkot Denpasar berharap agar seluruh pengerajin di Kota Denpasar dapat secara bergiliran berpameran di ajang Inacraft ini, sedangkan untuk perajin yang sudah pernah ikut agar mengupayakan pameran secara mandiri dengan berbagai inovasi yang terus digalakkan. Bahkan pada ajang Inacraft tahun 2019 ini banyak perajin Denpasar yang berpameran secara mandiri,” paparnya. (eka/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News