Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Komisi Pemilu Raya Mahasiswa (KPRM) Fakultas Peternakan menggunakan Electronic Voting (E-Vote) dalam penyelenggaraan pemilihan raya (Pemira) Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Hal itu disampaikan saat pembukaan debat kandidat di Aula Agrokomplek Universitas Udayana oleh Ketua KPRM I Made Gandi Jayantara, Senin (18/2/2019).

“Pemilu raya Fakultas Peternakan kali ini dilakukan serentak/berbarengan dengan pemilihan Gubernur BEM dan Ketua BPM (Badan Presidium Mahasiswa) Fakultas Universitas Udayana, dengan sistem unggulan yaitu E-Voting,” ujar Gandi.

Baca Juga :  K-MBSS dan PERDAWERI Memperkuat Kolaborasi Strategis dalam Industri Kesehatan

Selain itu, Gandi juga menyampaikan tujuan penggunaan E-Vote ini adalah untuk meningkatkan partisipasi Mahasiswa dalam memilih, serta menekan angka golput. Karena bagaimanapun, menurut Gandi ini adalah pembelajaran demokrasi.

“Harapan besarnya dengan menggunakan sistem memilih E-Vote ini mampu meningkatkan partisipasi pemilih dan menekan angka golput yang tinggi. Selain itu, Pemira ini menjadi ruang pembelajaran dan embrio yang positif bagi mahasiswa, sebagai implementasi pembelajaran demokrasi. Pemira bagi mahasiswa merupakan miniatur proses demokrasi,” terang Gandi.

Hal tersebut juga di apresiasi oleh Wakil Presiden BEM PM Universitas Udayana, I Made Aditya Kusumanata. Ia menyampaikan dukungannya kepada KPRM yang telah menginisisasi penggunaan E-Vote. Mahasiswa yang akrab disapa Malon ini memandang bahwa sistem pemilihan E-Vote ini merupakan konsep yang cerdas dan modern, dan nyambung dengan kebutuhan mahasiswa hari ini.

“E-Vote yang diselenggarakan KPRM ini keren, sesuai lah dengan kebutuhan Mahasiswa hari ini. Ini ide yang cerdas dan modern. Saya tentu mengapresiasi gebrakan ini,” terang Malon.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

E-voting yang diselenggarakan KPRM Fakultas Peternakan Universitas Udayana merupakan pertama kalinya dan satu-satunya Fakultas di Udayana yang menerapkan E-Vote. (wkd/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News