BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Lansia Ceria merangkul seluruh lansia di empat kecamatan se-Kota Denpasar secara berkelanjutan dilaksanakan Pemkot Denpasar sebagai wujud dukungan terhadap kebahagiaan masyarakat khsuusnya lansia.

Hal ini juga sejalan dengan telah terpilihnya Kota Denpasar kedalam 10 Besar Kota Sehat Dunia berdasarkan penilaian Travel Supermarket dan menjadi satu- satunya Kota di Indonesia yang masuk kedalam daftar ini.

Seperti yang terlihat pada Sabtu (9/2/2019) bertempat di Kebun Raya Eka Karya Bedugul, program “Lansia Ceria” kembali digelar dan kali ini mengajak lansia dari Kecamatan Denbar, Kecamatan Dentim dan Kecamatan Densel.

Kegiatan ini juga dihadiri Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Ketua TP-PKK Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra beserta Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Kerti Rai Iswara serta seluruh pimpinan OPD dilingkungan Pemkot Denpasar.

Kegiatan Lansia Ceria kali ini dibalut dalam suasana hangat penuh kekeluargaan diisi berbagai kegiatan diantaranya Yoga bersama dipimpin instruktur dari IHDN, senam bersama, lomba cerdas cermat antar lansia, hiburan tari joged lansia dan masih banyak acara menarik lainnya yang memberi motivasi kepada lansia.

Walikota Denpaar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan bahwa salah satu indikator kota sehat adalah Angka Harapan Hidup dan Indeks Kebahagian masyarakatnya yang tinggi. Untuk mewujudkannya, perlu dilaksanakan berbagai upaya signifikan seperti pemberdayaan masyarakat salah satunya lansia.

”Kaum lansia ini juga sangat penting untuk diperhatikan kesehatanya baik jiwa dan raganya. Hal ini dapat dilakukan dengan melaksanakan refresing dan aktifitas yang memberi suasana kebahagiaan dimasa tua mereka. Pemberdayaan dan apresiasi terhadap lansia melalui ‘Lansia Ceria’ yang telah beberapa kali digelar Pemkot Denpasar ini menjadi salah satu bukti nyata  implementasi Kota Denpasar sebagai 10 Besar Kota Sehat Dunia,” ujar Walikota Rai Mantra.

Camat Denbar, AA. Ngurah Made Wijaya, saat ditemui usai acara  mengatakan menindaklanjuti Kota Denpasar sebagai 10 Besar Kota Sehat di Dunia berdasarkan penilaian Travel Supermarket, hal itu merupakan bukti apresiasi luar biasa Pemkot Denpasar bagi para lansia, sehingga kami sebagai pemerintah ditingkat kecamatan menindaklanjuti untuk mengikutkan para warga lansia kami untuk turut serta kedalam program Lansia Ceria yang melaksanakan berbagai kegiatan di Kebun Raya Bedugul.

“Bersama para camat yang lain, kami merancang isi kegiatan kali ini diisi kegatan olahraga, olah pikir yang memberikan nuansa keceriaan bagi lansia. Besar harapan kami untuk seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Denpasar untuk terus memperhatikan warga nya, khususnya yang sudah berusia lansia. Untuk Program ‘Lansia Ceria’ kali ini diikuti oleh total 166 orang lansia se-Kota Denpasar,” ujar AA. Ngurah Made Wijaya.

Kegiatan ini juga dibantu oleh TP-PKK Desa, Kelurahan dan Kecamatan serta juga bantuan sponsorship dari sejumlah instansi. Kegiatan Lansia Ceria kali ini juga merupakan serangkaian perayaan HUT Kota Denpasar ke-231 Tahun 2019.(humas-dps/bpn)

loading...