Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM – Mahasiswa UGM kembali menunjukkan partisipasinya di tingkat dunia. Kali ini, dua mahasiswa Fakultas Biologi UGM berhasil mengikuti Global Goals Model United Nations (GGMUN) 2019 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 11-14 Januari 2019 lalu.

Mereka adalah Nadya Ulfa N. Firdaus dan Farial Alwaini. Keduanya, berhasil terpilih mengikuti kegiatan ini bersama dengan 515 peserta lainnya dari berbagai negara di dunia.

GGMUN merupakan forum berbasis parlemen yang diadakan oleh International Global Network. Mengangkat tema Youth Generation for Realization of 17 Global Goals, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wahana bagi generasi muda dunia untuk berbagi gagasan terkait isu-isu dunia serta mengasah kemampuan berdiplomasi.

Nadya mengatakan selama empat hari para peserta mengikuti simposium dan diskusi tentang tujuh tujuan dari 17 global goals. Tujuh global goals yang dibahas antara lain No Poverty, Zero Hunger, Good Health and Well-Being, Quality Education, Gender Equality, Clean Water and Sanitation, dan Decent Work and Economic Growth.

Selanjutnya, dalam meeting session para delegasi melakukan diskusi sesuai dengan fokus topik masing-masing. Dalam kegiatan itu, Nadya dan Farial berada dalam forum yang sama membahas tentang sanitasi dan air bersih dan berlaku sebagai representasi Pakistan dan Nigeria.

“Di forum tersebut para delegasi berlaku sebagai representasi  suatu negara  untuk menyampaikan pendapat mengenai persoalan yang ada, langkah yang telah dijalankan guna mengatasi persoalan yang ada serta solusinya,” paparnya, Rabu (23/1/2019).

Selain melakukan diskusi, para peserta juga mengikuti simposium internasional yang diisi sejumlah pembicara internasional. Mereka menyampaikan gambaran umum tentang tujuh global goals yang diangkat dalam GGMUN. Sementara di akhir kegiatan, para delegasi juga diberikan kesempatan untuk menampilkan pertunjukan seni dan budaya dari negara masing-masing. (ika/humas-ugm/bpn)

loading...