Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Setelah Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mendukung Gerakan Kedas Sampah Plastik (GEDASAMTIK) di Kawasan Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem yang diagendakan terlaksana tanggal 2 Pebruari mendatang, kini Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Denpasar juga memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan Gerakan Kedas Sampah Plastik tersebut.

Dukungan LPP RRI Denpasar itu tercetuskan, setelah Ketua Panitia Penyelenggara GEDASAMTIK Provinsi Bali, I Ketut Bagus Arjana Wira Putra yang didampingi Ketua DPP Peradah Bali, Komang Agus Widiantara dan Sekretaris PD KMHDI Bali, Teddy menyambangi Kantor LPP RRI Denpasar di Jalan Hayam Wuruk, Selasa (15/1/2019) siang dan disambut langsung oleh Kepala LPP RRI Denpasar, Dra. Sophia Endang Widowati, M.M beserta jajarannya.

Dalam kesempatan itu, I Ketut Bagus Arjana Wira Putra memaparkan tujuannya ke RRI Denpasar dalam rangka untuk mengajukan kerjasama dibdiang sosialisasi, karena ia menilai keberadaan RRI Denpasar sangatlah strategis dalam menyebarluaskan informasi kepada semua lapisan masyarakat yang berkaitan dengan kepentingan bangsa dan negara.

“Untuk itu, saya memohon kepada LPP RRI Denpasar bergotong royong mensukseskan program bersih sampah plastik di Bali, apalagi Pergub Nomor 97 tahun 2018 terkait Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai sudah dikeluarkan oleh Gubernur Bali, DR. Wayan Koster bersama Wagub  Bali, Cok Ace dan perlu kita apresiasi untuk bersama dilaksanakan,” ujarnya seraya mengatakan GEDASAMTIK ini adalah program yang kedua, setelah tanggal 12 Januari terlaksana di kawasan Pura Lempuyang.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Lebih lanjut disampaikannya, diambilnya kawasan Besakih sebagai kegiatan bersih sampah plastik kedua, karena kami mendapatkan banyak laporan dari warga setempat serta hasil surveynya menunjukan kawasan suci ini mengalami darurat sampah plastik, selain juga kegiatan ini kami lakukan untuk menyambut karya Panca Bali Krama di Pura Agung Besakih.

Disisi lain, Ketua DPP Peradah Bali, Komang Agus Widiantara menyatakan kegiatan ini lahir murni karena adanya kesadaran dari kaum mahasiswa dan pemuda Hindu di Bali untuk menjadikan Bali bersih dari sampah plastik. Sehingga dipilihnya gerakan ini di kawasan suci seperti Pura, karena Pura adalah tempat yang sangat strategis untuk dijadikan ajang sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka berhenti memanfaatkan plastik dalam kebutuhan seharinya.

Baca Juga :  Sinergi OJK dan BI Tingkatkan Edukasi Perlindungan Konsumen

Mendengar hal ini, Kepala LPP RRI Denpasar, Dra. Sophia Endang Widowati, M.M menyatakan siap mendukung penuh kegiatan Kedas Sampah Plastik yang digagas oleh kalangan pemuda ini. “Kami sebagai orang tua, sangat terketuk adanya anak muda yang mengagas gerakan peduli lingkungan ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Dra. Sophia Endang Widowati, M.M menegaskan kegiatan ini kami dukung dan disosialisasikan melalui siaran Pro 1 Pusat Pemberdayaan Masyarakat, Pro 2 Pusat Kreativitas Anak Muda, Pro 3 Jaringan Berita Nasional, hingga Pro 4 yang menyiarkan tentang Ensikiopedi Budaya Ke-Indonesiaan. Selain itu, kami akan mengundang kaum pemuda yang peduli dalam gerakan kedas sampah plastik sebagai narasumber, kemudian kami juga akan menggelar dialog memerangi sampah plastik, hingga yang tidak kalah pentingnya LPP RRI Denpasar siap menyiarkan secara langsung kegiatan GEDASAMTIK di Kawasan Besakih yang akan berlangsung tanggal Pebruari 2019 mendatang. (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News