BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Serangkaian telah selesainya perehaban Pura Dalem Kerobokan, masyarakat pengempon pura melaksanakan Upacara Pemelaspasan dan Mendem Pedagingan yang dipuput oleh Ida Pedanda Putra Telaga Geria Sanur Denpasar, Kamis (20/12/2018).

Upacara ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta beserta Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa. Turut hadir mendampingi DPRD Badung AA. Ngr. Ketut Agus Nadi Putra, Penglisir Puri Krobokan Kajanan dan Kelodan, Camat Kuta Utara  AA. Ngr. Arimbawa, Lurah Kerobokan I Made Adnyana, Bendesa Adat Kerobokan AA Putu Sutarja serta tokoh masyarakat Kerobokan.

Usai melaksanakan persembahyangan bersama, Bupati Giri Prasta didampingi Wabup Suiasa mengatakan, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas selesainya perbaikan pura Dalem Kerobokan hingga saat ini bisa melakukan upacara pemelaspasan dan ngelinggihan Ida betara, hal ini terlaksana berkat rasa kesatuan diantara krama danwarga penyungsung Pura sehingga pelaksanaan upacara ini bisa berjalan dengan baik.

Bupati Giri Prasta mengharapkan kepada warga agar didalam melaksanakan tata titi upacara piodalan atau pemelaspasan agar selalu berpedoman pada tradisi sehingga tradisi yang sudah berjalan bisa terjaga dan  lestari.”didalam melaksanakan karya pujawali maupun pemelaspas kita harus berpatokan dengan sastra yang ada, jangan sekali-kali   mempergunakan istilah “kone” atau “nak mula keto” kata Bupati.

Sementara itu Ketua Panitia yang juga Anggota DPRD badung  AA. Ngr. Ketut Agus Nadi Putra melaporkan, Pura Dalem Kerobokan yang diempon oleh 20 Banjar Adat telah melaksanakan pembangunan sejak 8 bulan lalu dan diperkirakan menghabiskan dana kurang lebih 7.3 M, bersumber dari bantuan hibah Bupati 3,4 M dan dana dari milik masyarakat pengempon Pura serta punia masyarakat. Perincian perbaikan pelinggih di Utamaning Mandala menghabiskan dana sekitar 4.8 M kemudian untuk perbaikan Balai Pesandekan sekitar 1.9 M lebih dan pembangunan ring setra menghabiskan Rp. 500 Juta lebih .

Sebagai bentuk motivasi dan perhatian dari Pemkab. Badung, Bupati Giri Prasta dan Wabup Suiasa memberikan punia Rp. 25 Juta dan secara simbolis menyerahkan hibah sebesar 3,4 M. (humas-badung/bpn)

loading...