BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Denpasar, IA Selly Dharmawijaya Mantra,  menyerahkan bantuan alat permainan edukatif (APE) kepada 10 lembaga PAUD se-Kota Denpasar. Bantuan APE ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

‘’Bantuan APE ini salah satu media proses pembelanjaran PAUD untuk membantu kecerdasan dan ketangkasan, khususnya kreativitas anak-anak,’’ kata Selly Dharmawijaya Mantra usai penyerahan bantuan APE secara simbolis di PAUD Lumbung Sari Jalan Gatot Subroro II No. 20 A, Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Rabu (19/12/2018) kemarin.

Ia mengatakan perkembangan PAUD di Kota Denpasar sangat baik dengan berbagai prestasi. Karena itu PAUD terus didorong agar maju dan mampu menjadi ajang pelestarian budaya sejak dini.

Selly Mantra mengatakan, bantuan APE ini salah satu media proses pembelanjaran PAUD untuk membantu kecerdasan dan ketangkasan khususnya kreativitas anak-anak PAUD. Menurut dia, anak-anak pada masa golden age tidak hanya mendapatkan edukasi pada pendidikan formal, namun perlu dikembangkan kreativitas anak untuk menjadikan anak-anak berkarakter.

Ia berharap, dengan APE ini bisa membantu komunikasi antara pendidik dengan anak. Tidak hanya disodorkan permainan saja, tapi bisa dijelaskan arti dari permainan yang diberikan sehingga bisa melatih motorik anak.

Selly Mantra memberi apresiasi terkait perkembangan PAUD di Kota Denpasar yang sangat luar biasa dengan berbagai prestasi. Untuk meningkatkan kualitas pendidik PAUD, kata istri Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra ini, Pemkot Denpasar rutin melaksanakan seminar-seminar atau workshop yang bertujuan bisa memberikan pendidikan berkualitas.

Pengelola PAUD Lumbung Sari, Ni Wayan Candrawati, S.Pd., mengatakan, bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Denpasar melalui Bunda PAUD Kota Denpasar sangat membantu kreativitas anak-anak PAUD Lebah Sari. Disamping memotivasi anak-anak PAUD juga membuat guru pengajar terus berinovasi. ‘’Perhatian Pemerintah Kota Denpasar khususnya Bunda PAUD Kota Denpasar terhadap perkembangan PAUD sangat besar sekali,’’ ujarnya.

Ia berharap bantuan pada PAUD yang ada di Kota Denpasar terus ditingkatkan guna mendukung proses tumbuh kembang anak secara kreatif. Dengan adanya bantuan APE ini juga menginspirasi anak-anak untuk lebih kreatif untuk membuat APE dengan contoh-contoh yang ada.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora Kota Denpasar, Drs. Made Merta, M.Si., mengatakan, untuk mendukung proses belajar mengajar perlu didukung tenaga guru dan sarana dan prasarana APE yang memadai. Dengan adanya APE dapat menunjang tumbuh kembang anak yang tentunya bermain sambil belajar yang tersistimatis.

Sepuluh lembaga PAUD penerima bantuan APE meliputi, TK Liang Kumara Santi Jl. Teuku Umar Barat 181, Banjar Tegal Lantang, Padangsambian Kelod, Denbar, TK Lestari Jl. Gunung Cemara Gg. VI, Tegal Harum, Denbar, TK Kumara Dharma Kerti, Jl. Gunung Tangkuban Perahu, Padangsambian, Denbar, TK Buana Kumara, Jl. Gunung Agung Gg. II E, Pemecutan Kaja, Denut, TK Lumbung Sari, Jl. Gatot Subroto II 20 A, Dangin Puri Kaja, Denut.

Berikutnya, PAUD Putra Prima Duta l. Pucuk Banjar Tangtu, Kesiman Kertalangu, Dentim, PAUD Ganda Kerta  Kumara, Jl. Gandapura No. 32 A, Kesiman Kertalangu, TK Dharma Wiweka, Jl. Pulau Moyo, Pedungan, Densel, TK Dharma Sejahtera, Jl. Tukad Balian, Renon, Densel, dan TK Dewi Kunti, Jl. Danau Batur, Buruan, Sanur, Densel.

Made Merta menambahkan dengan adanya bantuan APE ini diharapkan mendukung kualitas proses belajar mengajar di kelas maupun luar kelas. Disamping juga mengingkatkan kreativitas dan imajinasi siswa dalam proses belajar mengajar.

Dengan adanya APE ini, imbuh Made Merta, mendorong guru mau lebih kreatif untuk membuat APE dengan menggunakan barang-barang bekas. ‘’Bantuan APE ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menunjang proses pendidikan,’’ ujarnya.

Hadir dalam penyerahan APE, Ketua WHDI Kota Denpasar, Antari Jaya Negara; Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Kerti Rai Iswara; Bunda PAUD Kecamatan dan Kepala SPNF SKB Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini, S.Pd., M.Pd.H.(tis/bpn)

loading...