BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Komitmen Pemerintah Kabupaten Badung dibawah kepemimpinan Bupati Giri Prasta dan Ketut Suiasa untuk lebih memperhatikan pembangunan Badung yang berfokus pada gender telah membuahkan prestasi dengan diperolehnya penghargaan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara berturut-turut sejak tahun 2008. Penghargaan APE tahun 2018 diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise di Istana Wakil Presiden, Rabu (19/12/2018) kemarin.

Dalam sambutan Bapak Jusuf Kala menyampaikan bahwa penghargaan APE ini bentuk apresiasi pemerintah RI kepada pemerintah daerah yang telah secara bersunguh-sungguh memiliki komitmen dan dukungan dari berbagai pihak sehingga kesetaraan gender tercapai. Pemerintah daerah yang memperoleh penghargaan ini mestinya berbangga karena masih banyak kandidat lain yang belum memperoleh penghargaan ini. Pada kesempatan lain, Menteri PPPA Juga menyampaikan bahwa pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mengintegrasikan gender dalam satu dimensi integral dalam perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, pelaporan dan evaluasi dalam program kebijakan pembangunan daerah. Penerima penghargaan APE telah mampu melaksanakan strategi tersebut walaupun memiliki tingkat pencapaian yang berbeda-beda. Pemerintah daerah harus mampu mensinergikan indikator pengarusutamaan gender (PUG) yaitu komitmen, kebijakan dan program, kelembagaan, sumber daya, data terpilah dan sistem informasi, tool yang dipergunakan serta jejaring yang dibangun.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, Pemerintah Kabupaten Badung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Putu Rianingsih, merasa sangat senang dan bersyukur karena Pemkab. Badung telah mampu memperoleh penghargaan APE secara berturut-turut. Pada kesempatan ini, atas seijin pimpinan Pemkab. Badung menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak seperti DPRD Badung yang telah membantu pengesahan Perda tentang PUG, semua OPD, kejaksaan Negeri Badung, Polres Badung, Pengadilan Tinggi, TP.PKK Badung, BNK Badung, Pokja PUG, forum perbekel, Perguruan tinggi UNUD dan Dyana Pura, PMI,KPA, LBH APIK, MBM, dunia usaha dan pihak lain yang telah dengan tulus dan serius  membantu selama evaluasi berlangsung. “Evaluasi tahun ini juga sebagai catatan untuk evaluasi APE tahun 2020 karena evaluasi akan tetap diadakan serta tentunya dengan kualitas indikator yang lebih banyak dan komplek,” imbuh Rianingsih disela-sela acara. (humas-badung/bpn)

loading...