Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Satuan Karya Pramuka Kalpataru Cabang Badung melakukan kegiatan penanaman pohon di Br. Lateng, Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal. (15/11/2018). Acara ini dihadiri Ketua Harian Pramuka Kwartir Cabang Badung I Ketut Widia Astika, seluruh pimpinan Satuan Karya Pramuka Kalpataru, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung dan anggota, Perbekel Sibangkaja dan tokoh masyarakat bertempat di Pura Dalem Br. Lateng, Sibangkaja.

Ketuan Harian Pramuka Kwartir Cabang Badung I Ketut Widia Astika menyampaikan, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Satuan Saka Kalpataru ini merupakan hal yang sangat positif, ada 2 (dua) jenis pohon yang ditanam yaitu pohon sirsak dan jambu. Kegiatan ini tentunya memiliki nilai strategis dalam upaya melestarikan lingkungan khususnya yang ada di wilayah Br. Lateng.

Kegiatan ini merupakan program yang ada dalam Saka Kalpataru, yang mana Kalpataru merupakan Satuan Saka yang memang terkait dengan lingkungan hidup. “Terkait dengan kegiatan ini tentunya kita memberikan edukasi untuk adik-adik Saka bagaimana terlibat langsung dalam praktek untuk menerapkan teori yang telah diberikan kakak-kakaknya terutama bagaimana kita bersama-sama menjaga lingkungan yang merupakan implementasi dari Dasa Dharma Pramuka, ” katanya.

 Lebih lanjut Widia Astika menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu sebagai motivasi seluruh masyarakat khususnya kalangan adik-adik Pramuka secara bersama-sama untuk melestarikan lingkungan.

Sementara itu Ketua Panitia, Kabid. Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan I Made Jirna melaporkan, maksud diadakan kegiatan ini adalah untuk menanamkan dan meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian lingkungan melalui kegiatan nyata dan praktis yang bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun masyarakat.

Adapun tujuan dibentuknya Saka Kalpataru adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kecakapan dan kepemimpinan bagi anggota pramuka usia 16-25 tahun (penegak dan pendega) di bidang kepedulian lingkungan dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan dan melestarikan lingkungan hidup untuk berkelanjutan generasi sekarang dan mendatang. (humas-badung/bpn)

loading...