Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Pemerintah Kabupaten Badung dan Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama, tentang kerjasama pembangunan antar daerah. Kesepakatan bersama tersebut ditandatangani Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, di Kantor Bupati Gianyar, Jumat (21/9/2018).

Kerjasama pembangunan antar daerah ini meliputi 7 (tujuh) bidang yaitu, pariwisata, kebudayaan, pendidikan, pendapatan asli daerah, pertanian, teknologi informatika dan pekerjaan umum (infrastruktur).

Bupati Badung Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan, yang melandasi kerjasama ini adalah Undang-undang tentang pemerintahan daerah, serta mengikuti jejak para leluhur di Bali. Bahwasanya di Bali ini satu pulau, satu pola dan satu tata kelola. “Secara aspek yuridis boleh, aspek undang-undangnya jelas, dilihat dari aspek filosofis sudah merupakan kesepakatan sejak dulu, aspek sosiologis kita adalah bersaudara. Maka hari ini secara langsung kami menandatangani MoU kerjasama dengan Pemkab Gianyar berkaitan urusan pemerintahan, adat, agama, tradisi, seni dan budaya,” jelasnya.

Bupati akan menunjukkan bahwa para bupati, pimpinan-pimpinan itu bersatu untuk mengurus bali. “Kami meyakini kalau pemimpin yang berkomitmen kebawahnya pasti bagus, kalau pemimpin tidak berkomitmen kebawahnya akan kurang bagus,” tegas Giri Prasta.

Baca Juga :  Satpol PP dan Satlinmas Berperan Penting Menciptakan Keamanan dan Ketentraman Masyarakat

Dijelaskannya, penandatangan kerjasama ini dalam rangka meningkatkan koordinasi dan komunikasi, demi terwujudnya pelayanan publik yang lebih optimal, dan infrastruktur daerah yang lebih baik. Selain itu kerjasama ini juga dimaksudkan untuk lebih memantapkan hubungan sinergis antar daerah, menyerasikan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antar daerah serta meningkatkan pertukaran pengetahuan dan teknologi masing-masing. “Maksud pelaksanaan kesepakatan bersama ini yaitu meningkatkan keterpaduan pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan daerah dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya, tujuan kesepakatan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemanfaatan dan pengembangan potensi yang mempunyai keterkaitan antar daerah, keterpaduan pengelolaan berbagai kegiatan pembangunan, sinergitas pengembangan potensi yang dimiliki, sumber daya serta pertukaran pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga :  Rektor Unud Terima Audiensi Jajaran AMSI Bali, Dukung Kolaborasi untuk Sebarkan Informasi Baik

Penandatangan kesepakatan ini merupakan satu bentuk penguatan komitmen pemerintah Kabupaten Badung dalam rangka ikut serta mensukseskan tujuan pembangunan nasional, yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. “Saya berharap implementasi dari kesepakatan ini dapat saling bersinergi dengan program-program pemerintah, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan jaminan kesejahteraan bagi masyarakat secara optimal,” kata Giri Prasta.

Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra mengatakan, bahwa dengan adanya MoU dengan Badung, minimal dapat meringankan dari harapan masyarakat yang segera ingin memiliki jalan yang bagus, wantilan, bale banjar, pura, kesehatan, pendidikan yang bagus. Mewujudkan hal tersebut diperlukan inovasi, kerja keras untuk menggali potensi dana dari pajak dan retribusi. Hari ini Bupati Badung menunjukkan komitmennya sebagai bupati tidak hanya membangun Badung, Beliau telah memikirkan Bali. “Tentunya peluang ini kami maksimalkan. Mudah-mudahan di 2019 nanti kita bisa wujudkan,” jelasnya seraya menambahkan bantuan ini nantinya dalam bentuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK). (humas-badung/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News