Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Perkembangan teknologi internet dan pasar kerja global memunculkan era baru dalam pasar tenaga kerja yaitu era boundaryless workplace .

“Era ini melahirkan peluang sekaligus tantangan baru dalam berkarir,” kata Sri Muliati Abdullah, saat menjalani ujian terbuka program doktor di Fakultas Psikologi UGM, Rabu (25/7/2018).

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Yogyakarta ini menyebutkan jalur karir non konvensional menawarkan kebebasan dalam mengarahkan dan mengelola karir dan fleksibilitas kerja tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Sri menyebutkan perlunya proses konstruksi karir untuk dapat memenuhi harapan karir dan mencapai konsekuensi positif berkarir. Konstruksi karir ini  merupakan proses pencapaian harapan berakrir yang dinamis melalui serangkaian aksi dan strategi. Antara lain berupa proses belajar mengenali minat dan potensi diri, mengeksplorasi profesi, membangun dan menjaga keberlanjutan karir hingga mencapai konsekuensi kebahagiaan karir.

Baca Juga :  PLN Imbau Waspadai Pungli dan Cermati Informasi Rekrutmen Bersama BUMN

Dari hasil penelitian terhadap generasi milenial diketahui proses konstruksi karir di era boundaryless workplace bahwa dalam proses menciptakan karir terdapat proses pembelajaran yang terus menerus dan berulang. Karir yang tercipta bercirikan keunikan, pengembanagn diri berkelanjutan, berprespektif digital global, berkolaborasi, dan fleksibilitas hingga tercapai kebahagiaan karir. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News