Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menemani masyarakat mewujudkan mimpi bangsa, PT Astra Honda Motor (AHM) melalui Main Dealer Astra Motor Bali, kembali menggelar ajang kreatif untuk menggali semangat wirausaha di kalangan siswa dengan tajuk Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018. Tahun ini, kegiatan yang telah memasuki penyelenggaraan ke-16, bertujuan untuk memberikan kesempatan para generasi muda unggulan dari seluruh Indonesia, menampilkan ide kreatif kewirausahaan dengan mengusung tema yang hampir sama dengan tahun lalu, yakni “The Milennial Race of Young Entrepreneur“.

Tahun lalu, wakil dari Bali juga sempat menorehkan prestasi yang lumayan, sehingga untuk pelaksanaan tahun ini diharapkan mampu mengharumkan nama Bali. “Kami berharap AHMBS tahun ini dapat melahirkan generasi muda yang lebih kreatif, namun tetap memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan mampu bersaing di nasional. Indonesia membutuhkan mereka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat dari sektor informal di masa depan,” ujar Tangguh Rinekso, selaku panitia dari Astra Motor Bali.

Baca Juga :  Rai Mantra Buka Youth Day STYSB Tainsiat

AHMBS mengumpulkan siswa-siswi terbaik tingkat SMA melalui proses seleksi ketat yang dilakukan jaringan main dealer sepeda motor Honda dari seluruh Indonesia. Untuk wilayah Bali, seleksi untuk mencari satu pemenang yang akan mewakili Bali di tingkat nasional pada, (30/7/2018), sudah dilaksanakan pada, Senin (16/7/2018), di Gedung Astra Motor Bali. Sebanyak lima peserta yang lolos tahap sebelumnya bersaing untuk menjadi wakil Bali.

Dewan juri akhirnya menentukan tiga terbaik, yakni  juara III diraih I Komang Arta Wiguna dari SMKN 2 Denpasar, dengan karya tulis tentang pemanfaatan paper bags, disusul di posisi kedua diraih Fariz Aditya Candra (SMAN 4 Denpasar), dengan tulisan mengenai bisnis olahan beras merah, dan sebagai juara satu sekaligus berhak mewakili Bali ke tingkat nasional, yakni Desak Made Marysha Dewi (SMAN 4 Denpasar), dengan judul karya tulis Maize Company UK Olahan Snack Jagung.

Baca Juga :  Dibuka Menlu, Gubernur Koster Hadiri BDF

Penyeleksian peserta AHMBS 2018 dilakukan secara komprehensif dengan menggali ide kreatif kewirausahaan yang telah dilimplementasikan siswa. AHMBS berupaya menemukan peserta dengan bakat-bakat dan ide-ide entrepreneurship terbaik. Dalam proses seleksi, para peserta ditantang membuat karya tulis yang memaparkan kegiatan wirausaha yang telah dilakukan minimal 3 bulan berjalan. Penilaian dilihat secara detail dari keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual beli, laporan keuangan hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Nantinya, siswa terpilih yang mengikuti babak final akan mendapatkan motivasi dan bimbingan langsung dari beberapa tokoh nasional. Mereka juga akan dibekali pengetahuan tentang socio-preneurship, di mana mereka akan ditantang untuk menjadi wirausaha yang mampu mengembangkan usaha dengan tetap memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. (ngr/bpn)