Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kerja sama antar daerah menjadi proses yang penting dalam pembangunan ekonomi terutama untuk mengatasi keterbatasan sumber daya yang dimiliki suatu daerah. Agar kerja sama dapat terwujud secara sinergi dan dapat memenuhi kebutuhan semua pihak diperlukan pembahasan intensif mengenai potensi dan kendala yang dihadapi dalam perekonomian masing-masing daerah, termasuk di dalamnya pembahasan atas bidang unggulan. Hal ini terungkap saat Konsultasi Regional Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra) Tahun 2018 di Balai Kota DKI Jakarta, 19-21 Juli 2018.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Kepala Bappedalitbang Provinsi Bali yang diwakili Kabid Pengendalian, Evaluasi dan Data Informasi Pembangunan, IB Gde Wesnawa Punia turut hadir pada pertemuan dengan tema “Pengembangan Ekonomi Digital dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi”. Tema tersebut dipilih dengan melihat kondisi perkembangan teknologi informasi saat ini yang telah berhasil mendorong terciptanya peluang-peluang ekonomi baru berbasis teknologi.

Saat ini teknologi informasi meruntuhkan tembok-tembok yang menghalangi lalu lintas barang antar regional maupun antar pelaku ekonomi. Ekonomi digital merupakan salah satu program unggulan Presiden Joko Widodo, yaitu untuk menjadikan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Kegiatan ini diantaranya membahas perkembangan ekonomi digital di Indonesia selama satu dasawarsa terakhir. Dari sisi pemerintah dijelaskan pula bagaimana peran pemerintah dalam mengembangkan ekonomi digital melalui roadmap yang dibangun untuk memastikan ekonomi digital di Indonesia berkembang ke arah yang positif, bernilai tinggi secara ekonomi, namun tetap berada pada koridor yang telah ditetapkan. Selain itu, juga disampaikan bagaimana potensi dan kendala yang dihadapi oleh pelaku industri digital dalam mengembangkan usahanya, serta sudah sejauh mana capaian dari para pelaku industri digital tersebut.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Terdapat tiga tahapan dalam Konreg ini yakni, evaluasi pelaksanaan kesepakatan tahun lalu, seminar dan diskusi dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi regional, serta membuat kesepakatan Konreg PDRB Jabalnusra Tahun 2018.

Diharapkan ada peningkatan kerja sama memperkuat kualitas penyediaan data pendukung PDRB daerah-daerah di Jabalnusra. Termasuk, untuk mendukung percepatan peningkatan daya saing di bidang ekonomi dalam lingkup regional Jawa, Bali, Nusa Tenggara. (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News