BALIPORTALNEWS.COM – Hari Pertama TSAF2018 dibuka dengan Kegiatan Pagelaran Budaya, Kolaborasi Seniman dan Masyarakat di Desa Silalahi 2, Sejumlah Peserta 1000 Tenda mulai hadir mengunjungi Pulau Silalahi, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, diantaranya banyak yang berasal dari Luar Kota, kata Hermanto disela-sela dibukanya Festival Tao Silalahi Arts Festival 2018

Di hari pertama Tao Silalahi Arst Festival 2018. Diawali dengan pertunjukan lokal, diantaranya adalah penampilan tari-tarian dari 2 sanggar di Silalahi, yakni Sanggar Grace dan Sanggar Silalahi II. Juga Penampilan dari anak-anak Silalahi, yang diisi dengan kegiatan menggambar dan mewarnai bersama Turut berkolaborasi juga Toba Putri Dancer (Tari), Arunika (Musik), Indriani SPd (Story Teller). Kemudia diadakannya Workshop Musik dan Tari, Workshop Musik diisi oleh Arunika, Arunika merupakan sekelompok grup musik yang dibentuk pada tahun 2017, Grup ini mengutamakan keindahan dan orisinalitas sebagai benang merah untuk berkarya dalam setiap komposisi yang diciptakan. Dilain kesempatan, Toba Putri Dancer juga ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Workshop Tari, bersama Masyarakat akan berkolaborasi untuk dalam seni pertunjukan Tari.

Baca Juga :  Konser Musik Gaya Baru "Bali Revival" Siap Dihelat

Diadakannya Workshop ini adalah sebagai sosialisasi kegiatan kesenian kepada masyarakat, terutama anak – anak di Silalahi II, agar semakin memahami konsep kesenian, yang nantinya akan semakin menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Kesenian, terutama kesenian yang berkaitan dengan budaya di daerahnya

Tao Silalahi Arts Festival merupakan kegiatan kolaborasi bersama komunitas seni, komunitas lingkungan, komunitas pemuda dan masyarakat di Kecamatan Silahisabungan akan melakukan acara Doa Bersama atas peristiwa-peristiwa yang terjadi di Danau Toba.

Kegiatan yang diisi Festival Seni yang didalamnya ada beberapa bentuk kegiatan seperti Seniman berbagi bunyi, Seniman berkolaborasi dengan Masyarakat dan musik bertajuk cross culture music. Festival Ekologi dengan penanaman 5 ribu pohon buah-buahan dan bersih-bersih tao (danau). Festival Kopi dengan Talkshow Kopi, Arts coffee, stand coffee, dan 4000 ngopi pagi kopi Sidikalang dan kegiatan 1000 Tenda, juga Onan Camp, Kayaking, dan Jelajah Silahisabungan. (r/bpn)