Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Lima mahasiswa UGM merintis bisnis sabun kecantikan yakni sabun kefir “SAFIR” dengan memanfaatkan probiotik untuk merawat kulit kering dan sensitif.

Mereka adalah Prily Nafarya Hanggraeni (Ilmu Keperawatan), Aditya Nugraha (Pendidikan Dokter), Ririn Febri Suryani (Fakultas Farmasi), Ardiansyah Syaifurrahman (D3 Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil), serta Dara Rahmadani (D3 Akuntansi).

“Sabun dibuat dari kefir yaitu olahan ekstrak susu dengan penambahan starter yang mengandung probiotik,” kata Prily, Selasa (26/6/2018) di Kampus UGM.

Probiotik yang dimaksud adalah Lactobacillus acidophilus, Streptococcus thermophilus, Bifidobacterium bifidum, Bakteri Asam Laktat (BAL), dan ragi.

Selain mengandung probiotik, kefir juga memiliki kandungan vitamin dan sejumlah mineral. Selain itu, juga mengadung AHA yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti mengurangi efek penuaan, menyamarkan garis halus dan kerut, mengurangi pembesaran pori-pori, mengurangi pigmentasi, menghaluskan kulit dan lainnya.

Prily menyampaikan dengan banyakya kandungan yang terdapat dalam kefir memberi manfaat bagi kesehatan. Ia mencontohkan sebagai antimikrobia dan aktivitas cicatrizing, efek antimutagenik dan antioksidan, serta memiliki sifat antialergi, dan anti inflamasi.

Baca Juga :  Astika Pande Paparkan Potensi Metaverse untuk Pendidikan di DTIK Festival 2024

“Penggunaan ekstrak susu kefir mampu menghambat pertumbuhan Propionibacterium acne yang merupakan bakteri penyebab jerawat,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dengan sifat antioksidan yang dimiliki, kefir mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan paparan polusi udara.

Latar belakang pengembangan usaha sabun kefir ini adalah maraknya peredaran produk perawat kulit dengan bahan kimia  berbahaya dan tidak memiliki ijin edar baik di dalam maupun luar negeri. Sementara itu, masih ada masyarakat yang kurang selektif dalam pemilihan produk kosmetik untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit dan kecantikan.

Baca Juga :  Turnamen Kartu Pokémon Regional League 2023-24 Indonesia Vol. 3 Siap Digelar di Bali

“SAFIR ini terbuat dari bahan organik tidak menggunakan bahan kimia seperti  Sodium Lauryl Sulfate yang bersifat iritatif bagi kulit sehingga aman digunakan bahkan untuk ibu hamil dan menyusui sekalipun,” terangnya.

SAFIR dibuat menggunakan 3 macam kefir sekaligus yakni krim kefir kolostrum, krim kefir etawa dan kefir whey. Ditambah dengan minyak biji anggur yg mengandung antioksidan tinggi

Saat ini, kelima mahasiswa muda ini mengembangkan sabun kefir dalam 2 varian yaitu Honey dan Greentea. Aroma Honey dapat memberikan efek menenangkan dan melembabkan kulit. Sedangkan aroma greentea dapat memberikan efek segar sepanjang hari.

Baca Juga :  BAN-PDM Provinsi Bali Gelar Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024

Produk dikemas dalam botol pump 100 ml yang praktis dan mudah dibawa. Satu botol dibanderol seharga Rp. 50 ribu dan selama promosi  diberikan potongan diskon 30%. SAFIR bisa didapatkan di tokopedia, shopee, dan  instagram @sabunkefir_safir. Tertarik mencoba? (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News