Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kota Denpasar tahun 2018 kembali digelar Pemkot Denpasar melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar.  Ajang olahraga tahunan pelajar ini sedianya turut mempertandingkan 22 Cabang Olahraga dengan memperebutkan 600 Medali.

Porsenijar Denpasar berlangsug dari 7-12 Mei mendatang ini dibuka secara resmi Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede ditandai dengan pelepasan balon dan pemukulan genderang pada Senin (7/5/2018) di Stadion Ngurah Rai Denpasar.

Dalam pembukaan tersebut tampak hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar dan Organisasi Perangkat Daerah Kota Denpasar. Acara pembukaan porsenijar ini dilaksanakan melalui apel pembukaan yang diikuti para siswa sekolah SD, SMP, SMA/SMK se-Kota Denpasar.

Turut dipersembahkan pula Tari Pusparesti dari siswa-siswi SMPN 2 Denpasar, Tari Nusantara dari SMP Dwijendra Denpasar dan persembahan marchingband dari SMPK Harapan Denpasar.

Baca Juga :  Jaya Negara-Arya Wibawa Ucapkan Selamat Hari Suci Nyepi Caka 1946, Momentum Mulat Sarira dan Sinergi Lintas Sektor Menuju Denpasar Maju

 “Melalui Porsenijar mari bersama-sama tingkatkan prestasi dan selalu menjunjung tinggi sportivitas di dalam pelaksanaan setiap pertandingan,” ujar Sekda Rai Iswara, sembari mengharapkan insan-insan pendidikan mampu meningkatkan prestasi yang tak terlepas dari visi misi Kota Denpasar mewujudkan Denpasar Kota cerdas, kreatif dan Inovatif.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar I Wayan Gunawan mengatakan peserta Porsenijar terdiri dari tingkat SD diikuti empat Kecamatan Se-Kota Denpasar yang telah melalui seleksi di tingkat Kecamatan. Tingkat SMP diikuti 63 SMP Negeri dan Swasta, tingkat SMA/SMK diikuti 60 sekolah negeri dan swasta.

Baca Juga :  Ketua K3S Kota Denpasar Apresiasi Program Nasi Bungkus Gratis Yayasan Kolewa Harapan Indonesia di Kelurahan Dauh Puri Klod

Lebih lanjut Gunawan menjelaskan cabang-cabang yang dipertandingkan dan dilombakan sebanyak 22 cabang olahraga serta memperebutkan 600 medali diantaranya cabang Sepak Bola, Atletik, Renang, Wood Ball, dan Tenis Meja. Untuk lima cabang olahraga eksebisi tahun ini meliputi Balap Sepeda, Dansa, Panahan, Menembak dan Pentanque.

Sedangkan untuk bidang seni, dilombakan sebanyak 17 cabang seni yang pelaksanaannya difokuskan di Gedung Werdi Budaya Art Centre Denpasar dengan memperebutkan 58 medali. Cabang seni yang diperlombakan diantaranya Dolanan, Mekidung, Mececimpedan, Kendang Tunggal, dan Mesatua Bali. Dalam Porsenijar kali ini juga dilakukan penyerahan piala bergilir dari juara umum bidang olahraga sebelumnya diraih untuk Tingkat SD Kecamatann Denpasar Barat, Tingkat SMP diraih SMPN 2 Denpasar, dan Tingkat SMA/SMK diraih SMAN 1 Denpasar.

Baca Juga :  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar Musnahkan 96 Box Arsip

Sementara dalam bidang seni untuk Tingkat SD diraih Kecamatan Denpasar Timur, tingkat SMP diraih SMPN 2 Denpasar dan tingkat SMA/SMK diraih SMAN 4 Denpasar. Atlet yang berlaga dan mendapatkan juara dalam Porsenijar akan mewakili Kota Denpasar dalam Porsenijar Provinsi Bali tahun 2018 yang akan berlangsung pada Bulan Juni mendatang. Kecuali untuk bidang seni tidak diselenggarakan pada tingkat Provinsi Bali.

Gunawan menambahkan bahwa Kota Denpasar juga menjadi Juara Umum Porsenijar Provinsi Bali Tahun 2017 baik dalam bidang seni dan bidang olahraga, yang tahun ini kita optimis dapat mempertahankan juara umum. Selain itu seluruh atlet yang berlaga dalam Porsenijar ini kami asuransikan.  “Seluruh atlet yang berlaga di Porsenijar tahun 2018 ini kami asuransikan,” ujarnya. (humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News