Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Dalam kunjungan kerjanya ke Polda Bali, As SDM Kapolri Irjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. memberikan arahan kepada Pejabat Utama Polda Bali, Panitia dan Peserta Seleksi Calon Anggota Polri TA 2018. Usai menjelaskan proses penerimaan anggota Polri dan memberi semangat kepada para peserta, jenderal lulusan Akpol tahun 1987 ini mendadak minta diantar ke Gedung Promoter Raksa Grahita, Senin (28/5/2018).

Tiba di gedung megah itu, As SDM langsung menuju lantai tiga. Kedatangannya bukan untuk mengecek bangunan yang baru diresmikan beberapa waktu lalu, tetapi ingin mengetahui dan melihat secara langsung pelaksanaan tes kesehatan tahap II, yaitu tes MPPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory). Tes ini diikuti 204 peserta calon Bintara Polri.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Untuk diketahui, ada empat item yang harus dilakukan para peserta di tes kesehatan tahap II. Kesehatan tubuh bagian dalam para peserta akan diketahui melalui pemeriksaan laboratorium, rontgen dan Elektrokardiogram (EKG).

Setelah melaksanakan ketiga pemeriksaan diatas, selanjutnya melaksanakan tes MPPI. MPPI adalah tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa. Tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.

Ada dua kegiatan yang akan dilakukan para peserta saat mengikuti tes MPPI. Pertama, peserta wajib menjawab 566 soal yang dibagikan oleh panitia. Kedua, peserta akan dipanggil oleh dua dokter spesialis kejiwaan untuk dilakukan tes wawancara.

“Saya bangga melihat proses rekruitmen anggota Polri di Polda Bali. Pelaksanaannya benar-benar bersih, transparan, akuntabel dan humanis serta clean and clear. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia,” kata Irjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. didampingi Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

“Rekruitmen yang baik akan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia dimasa depan. Sumber daya manusia adalah kunci utama keberhasilan Polri,” sambungnya. (bina/polda-bali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News