Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung wajib hadir di tengah-tengah Sekaa Teruna, bukan hanya secara fisik menghadiri hari ulang tahun Sekaa Teruna (ST), melainkan memberikan motivasi kepada generasi muda yang bernaung dalam wadah ST.

“Motivasi ini tidak lain untuk menggugah anggota ST bahwa mereka adalah anaknya kerama banjar yang mempunyai fungsi sebagai ‘pengabih’ dari orangtuanya dalam hal adat dan agama. Serta menyadarkan bahwa mereka adalah tulang punggung bangsa dan negara kita sehingga menjauhkan dirinya dari perbuatan-perbuatan tercela yang merugikan didi sendiri, orang tua dan masyarakat,” ungkap Wabup Suiasa saat menghadiri HUT ST. Putra Mandala ke-38 di Banjar Kelod Ungasan Kuta Selatan, Sabtu (5/5/2018) kemarin.

Baca Juga :  Pembekalan Pecalang di TPB Margarana

Lebih lanjut Wakil Bupati Suiasa mengajak ST, Putra Mandala untuk terus meningkatkan kreativas yang positip serta meningkatan sumder daya manusia untuk menyongsong masa depan. “Krama ST harus terus berbenah untuk peningkatan SDM sehingga kedepannya generasi muda mampu bersaing di era globalisasi ini karena kedepannya tantangan-tantangan akan makin berat, Walaupun demikian krama ST ini jangan sampai melupakan adat dan agama karena kalian juga banteng pelaksanaan Tri Hita Karana,” ajak Suiasa.

Sementara itu Ketua ST Putra Mandala Banjar Kelod Ungasan Putu Agus Surya Karyawan dengan jumlah anggota ST sebanyak 150 orang menyampaikan beberapa kegiatan serangkaian HUT ST Putra Mandla ke-38 yang telah dilaksanakan diantaranya melaksanakan persembahyangan bersama, memberikan bantuan kepada krama kurang mampu di Banjar kelod Ungasan, Safari kesehatan yang diikuti dengan donor darah, jalan santai dan pelepasan tukik di Pantai Melasti Ungasan. “Tema yang kami angkat dalam HUT ini adalah Saputra Ikang Swadarma Yowana yang artinya harapan orang tu kepada anaknya agar menjadi anak yang saputra serta tanggung jawab yowana sebgai penerus orang tua dan penerus bangsa, paparnya.

Baca Juga :  Galakkan Jajan Tradisional Bali di Kantin Sekolah

Dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa melakukan pemotongan tumpeng yang diserahan kepada Ketua ST ST Putra Mandala Banjar Kelod Ungasan Putu Agus Surya Karyawan serta memberikan dana sebesar Rp. 25 juta kepada ST ST Putra Mandala Banjar Kelod Ungasan untuk dipergunakan melaksanakan kegiatan positip dn kreatif dari sekaa teruna.

Hadir dalam ST Putra Mandala Banjar Kelod Ungasan Perbekel Ungasan I Made Kari, PJS Bendesa Sukatenaya, 14 kelian dinas se-Ungasan, 15 banjar adat se Ungasan serta tokoh masyarakat setempat.(humas-badung/bpn)