Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan organisasi perangkat daerah bidang koperasi, usaha mikro kecil dan menengah terbaik tahun 2017. Penghargaan ini diberikan Kementerian Koperasi dan UKM kepada kepala daerah, atas kinerja dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM di wilayah masing-masing.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, di Ramayana Ballet Candi Prambanan, DI Yogyakarta, Rabu (4/4/2018) malam. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2018 Bidang Koperasi dan UMKM.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu 

Usai acara tersebut, Bupati Eka mengungkap syukur. Dia berkomitmen untuk mengubah koperasi ke arah yang lebih baik. “Penghargaan ini merupakan wujud perhatian kepada usaha perkoperasian, khususnya di Tabanan,” ungkapnya.

Dia berharap agar koperasi dan UMKM tidak hanya memberikan kredit, tetapi juga berbuat untuk memajukan usaha kecil dan menengah, sehingga usaha dimaksud mampu bersaing.

Sementara Puspayoga menyebutkan, pembangunan UMKM ditunjukkan dengan upaya mewujudkan bangsa yang berdaya saing, dalam rangka menguatkan perekonomian domestik, dengan orientasi dan berdaya saing global. “Panggung pembangunan koperasi dan UMKM cukup kompleks, menantang, dan mulia. Semangat keberpihakan pemerintah pusat dan daerah dalam membangun koperasi dan UMKM harus disertai dengan semangat membangun kemandirian,” tandasnya.

Begitu juga dalam Rakornas Bidang Koperasi dan UMKM tahun 2018, mengangkat tema “Sinergitas Pusat dan Daearah dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM”. Menurutnya, ini sangat strategis dan relevan dengan upaya peningkatan koordinasi dan sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan koperasi dan UMKM.

Baca Juga :  Tim Medis Polres Tabanan Laksanakan Pemeriksaan dan Pelayanan Kesehatan Keliling di Polsek Kediri

“Oleh karena itu, peningkatan sinergi peran pemerintah pusat dan daerah sangat urgen dan secara serius mengembangkan dan menindaklanjuti kebijakan, serta program atau kegiatan pembangunan koperasi dan UMKM yang telah dirumuskan,” jelasnya.

Dalam acara tersebut juga diserahkan penghargaan dengan kriteria-kriteria yang lain di bidang perkoperasian, serta penyerahan bantuan berupa kredit kepada beberapa koperasi dan UMKM. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada koperasi-koperasi yang dinilai berkinerja terbaik sepanjang tahun 2017. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News