Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Puncak malam apresiasi Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Denpasar tahun 2018  digelar di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, Minggu (22/4/2018) malam kemarin. Acara berlangsung semarak dengan menampilkan tarian Rejang Renteng massal yang dibawakan sedikitnya 400 guru dan kepala sekolah PAUD se-Kota Denpasar.

Acara bertambah semarak dengan pentas kreativitas peserta didik dan pendidik PAUD yakni kolaborasi drama musikal dari lembaga PAUD empat kecamatan dengan tema ‘’Paras Paros’’. Drama musikal ini mengambil cerita rakyat dari berbagai daerah di Indonesia, seperti cerita Malin Kundang, Timun Mas, Bawang Kesuna dan lainnya.

Hadir di acara itu Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, yang juga berkesempatan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Gebyar PAUD yang diselenggarakan pada pagi harinya. Turut mendampingi Rai Iswara, Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Drs. I Wayan Sukana; Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Drs. I Made Merta, M.Si., serta Camat se-Kota Denpasar.

Sekda Rai Iswara saat ditemui disela-sela acara mengatakan, kegiatan Gebyar PAUD Kota Denpasar ini dapat menggali potensi diri seorang anak, baik dari segi pendidikan maupun keterampilan. Dikarenakan menumbuhkan jiwa kreatif dan membentuk kreativitas sangat diperlukan sejak usia dini.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Terima Kunjungan Pihak Kemenlu RI, Bahas Peluang Sister City Kota Denpasar Dengan Kota Zadar, Kroasia

Rai Iswara juga memuji penampilan guru dan kepala PAUD se-Kota Denpasar menarikan tari Rejang Renteng. Ini sebut Rai Iswara, sebagai penjabaran peringatan Hari Kartini, dimana ibu-ibu telah menunjukkan kasih sayang pada anak PAUD.

Rai Iswara mengungkapkan, para pendidik PAUD diharapkan memahami makna dan hakekat hadirnya PAUD di tengah masyakarat. Jangan sampai PAUD hadir di masyarakat, sementara pendidik lalai melaksanakan dalam tugas.

Diingatkan, PAUD itu adalah pendidikan pra pendidikan sebagai persiapan anak-anak kita menuju jenjang pendidikan berikutnya. ‘’Untuk itu, mari didik anak PAUD dengan penuh kegirangan, karena dari rasa senang dan bahagia akan bisa mengantarkan anak didik kita ke jenjang yang lebih baik,’’ tegasnya.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, I Made Merta, mengatakan, Gebyar PAUD merupakan bentuk dari puncak prestasi, evaluasi dari sebuah sistem pembinaan pendidikan PAUD, ajang kreativitas positif anak-anak PAUD antar dan inter lembaga. Kegiatan ini salah satu wahana komunikasi, interaksi sosial dan edukasi bagi pengelola, guru PAUD dan siswanya.

Karenanya, Gebyar PAUD Kota Denpasar diisi dengan berbagai lomba dan pementasan yang melibatkan 1.000 lebih anak didik PAUD, guru, kepala sekolah, orangtua dan keluarga. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bunda PAUD, GOPTKI, Himpuadi, IGTKI, PKG, OPD, pengawas sekolah, pendidik dan anak-anak yang telah berpartisipasi untuk suksesnya acara ini serta bersama-sama berjuang meningkatkan PAUD yang berkualitas. (tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News