Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung mengadakan Sosialisasi Literasi Media Teknologi Informasi Tingkat SMA di Kabupaten Badung yang dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Kuta Utara, Rabu (25/4/2018).

Sosialisasi tersebut dibuka Bupati Badung yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung Wayan Weda Dharmaja.  Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bali yang diwakili Staf Kominfo Provinsi Bali IGA. Sukma, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali yang diwakili Kepala UPT Provinsi Bali di Kabupaten Badung Putu Yuli, Polres Badung, Guru dan Siswa/Siswi SMAN 1 Kuta Utara serta Narasumber dari Stikom.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Lepas 77 Jemaah Calon Haji Kabupaten Badung

Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan Kadiskominfo Weda Dharmaja menyampaikan, Literasi Media merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari informasi, dimana informasi tersebut adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia karena dari informasi manusia dapat melakukan berbagai hal.

Dari waktu ke waktu informasi terus mengalami perkembangan yang diikuti dengan perkembangan Media Elektronik atau Digital dan Telekomunikasi, dimana setiap saat kita bisa mengakses berita dari berbagai sumber yang kita belum tahu pasti kebenaran dan keabsahaanya.

Oleh karena itu masyarakat diharapkan dapat mengikuti perkembangan jaman agar tidak agar tidak ketinggalan informasi maka untuk mengatasi masalah itu masyarakat atau publik harus memiliki kemampuan yang dikenal dengan istilah Literasi Media.

Maksud dan tujuan Literasi Media yaitu membantu masyarakat/netizen agar memiliki pengetahuan serta pemahaman yang cukup tentang isi media sehingga dapat mengendalikan pengaruh media dalam kehidupan, untuk melindungi masyarakat yang rentan dan lemah terhadap dampak media penestrasi Budaya media baru serta untuk menghasilkan warga masyarakat yang well informed (Berpengetahuan Luas) dan dapat membuat penilaian terhadap konten media berdasarkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap media yang bersangkutan.

Baca Juga :  Mahasiswa UGM Unjuk Gigi dalam Kompetisi Negosiasi Internasional di Oslo

Semetara itu Ketua Panitia A.A Raturatmanacika melaporkan, dengan diadakannya Sosialisasi Literasi Media Teknologi dan Informasi ini dapat membantu masyarakat khususnya para siswa agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang isi media.

“Literasi Media juga bertujuan untuk menghasilkan masyarakat atau publik khususnya siswa kiranya dapat berpengetahuan luas serta dapat membuat penilaian terhadap konten Media berdasarkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap media yang bersangkutan baik itu media TV, Radio, Film dan koran agar masyarakat atau publik khususnya Siswa lebih cerdas, peka dan kritis dalam memahami fenomena pemberitaan media saat ini,” jelasnya. (humas-badung/bpn)