BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Setelah lolos ditingkat Kabupaten Badung,Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Senin (2/4/2018) dinilai tim lomba desa tingkat Provinsi Bali. saat tiba di Desa Cemagi, rombongan tim penilai Propinsi yang dipimpin I Ketut Lihadnyana disambut oleh Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Badung, Putu Gede Sridana, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung, Camat Mengwi, IGN Jaya Saputra, Perbekel Cemagi, Si Ketut Wirama dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Cemagi serta disuguhkan tari baris klemat yakni tarian khas nelayan di Desa Cemagi.

 Perbekel Cemagi, Si Ketut Wirama mengatakan, perkebangan Desa Cemagi dari tahun 1999 sebagi bagian pemekaran dengan Desa Munggu mengalami perkembangan yang cukup pesat mulai dibidang kemasyarakatan, pembagunan dan pemerintah. “Terkait dengan evaluasi lomba desa ini dapat kami laporkan, luas Desa Cemagi sekitar 666 Hektar. Jumlah penduduk Desa Cemagi sebanyak 5224 jiwa dengan jumlah 1.101 KK. Untuk inovasi kami memiliki sejumlah inovasi unggulan mulai dari pelayanan publik dengan sistem IT berbasis aplikasi andoid hingga pengentasan kemiskinan hingga nol KK,”ujarnya.

Lebih lajut dikatakan, pihaknya juga sudah memasang Wifi gratis disejumlah objek wisata yang ada di Desa Cemagi. Untuk dibidang sumberdaya manusia pihaknya bekerjasama dengan pihak vila dalam pemberianpelatihan kepada rumah tangga sasaran sperti pelatihan menjadi tukang masak, tukang kebun dan bahasa asing. “Dari program ini kami berhasil me-nol-kan KK miskin di Desa Cemagi. Dulu masih 11 KK, dan kini sudah sudah tidak ada KK miskin,”terangnya.

Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa mengatakan, Desa Cemagi ini memang yang terbaik di Kabupaten Badung untuk mewakili kabupaten Badung ketingkat Propinsi bahkan ke tingkat Nasional. “Saya berterimakasih kepada masyarakat Cemagi untuk menampilkan diri sebaik-baiknya. Kita tetap berharap Desa Cemagi bisa menjadi yang terbaik ditingkat Provinsi banhkan Nasional. Saya yakin dan percaya untuk menjadi yang terbaik. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada tim telah diberikan kesempatan untuk dinilai, mari kita saling isi dan saling benahi untuk kedepan lebih baik. Pembaguan desa dan masyarakat desa merupakan pembangunan yang integral dalam tingkat nasional,”ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, desa merupakan kata kunci dan titik sentral bahwa negara itu berhasil. ”Lomba desa ini salah satu media untuk membuktikan kemajuan masyarakat desa di seluruh Indonesia. Ini salah satu perekat nasional dengan masyarakat terbawah. Dengan lomba ini semoga bisa memberikan inspirasi yang lebih baik untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Badung. Hla ini bagian dari menertibkan diri dalam administrasi atau taat asas dan Desa Cemagi sudah melakukan taat asas itu dengan sebaik baiknya sesuai singkatan Desa Cemagi yakni Cerdas, Mandiri dan Giat,”paparnya.

Ketua Tim Penilai yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Propinsi Bali, I Ketut Lihadnyana mengatakan, pihaknya berterimakasih atas inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Desa Cemagi yakni membangun sistem pelayaan publik yang berbasisi teknologi aplikasi andoid. Selain itu bisa menekan angka kemiskinan menjadi nol dari 11 KK ditahun 2016 lalu. “Mudah-mudahan Desa Cemagi bisa menjadi nomor satu untuk mewakili bali ketingkat nasional sperti Desa Ungasan beberap tahun lalu. Kami berharap kedepan Desa Cemagi bisa membuat digitalisasi ekonomi kreatif untuk perpaduan antara pertanian dan pariwisata sehingga bisa memberdayakan ekonomi masyarakat Desa lebih luas lagi,”ungkapnya. (humas-badung/bpn)

loading...