Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pengenalan dan pencegahan kebakaran perlu dikenalkan secara dini kepada masyarakat, dalam kesempatan tersebut Damkar Badung melaksanakan Simulasi pencegahan kebakaran kepada anak-anak PAUD di Kabupaten Badung, Jumat (27/4/2018) kemarin di halaman denpan UPT Damkar Badung, Puspem Badung.

Acara simulasi Pencegahan Kebakaran dihadiri Ketua TP. PKK yang juga Bunda PAUD Badung. Ny. Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Badung Ny. Ayu Parwata, Ketua WHDI Badung Ny. Isiudayana Astika, Kadis. Damkar Wayan Wirya berserta Pasukan Brigade Pemadam, anak-anak PAUD Kab. Badung, para Guru serta orang tua anak-anak PAUD.

Kadis Damkar. Kabupaten Badung Wayan Wirya dalam laporannya mengatakan, Damkar sebagai barisan terdepan dalam penanganan bencana kebakaran harus memiliki kecerdasan lapangan yang sangat dibutuhkan untuk menyiasati kondisi geografis Kabupaten Badung. “Damkar dengan segenap keahlian dan keterampilan yang dimiliki, serta sarana prasarana yang ada, memiliki peran penting untuk mewujudkan perlindungan masyarakat, dan bisa diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat dan menjadi bagian penting pemersatu bangsa untuk keselamatan kita semua,” jelasnya.

Wayan Wirya menambahkan, Untuk meminimalisisasi terjadinya bencana kebakaran tentu Damkar Badung memiliki kiat-kiat dan terobosan dengan selalu melaksanakan simulasi kepada masyarakat dan pelajar dari SD. SMP ,SMA/SMK serta para Pengusaha yang bergerak di Bidang Hotel dan Restauran.

Baca Juga :  Semarak Bohemia Fashion Week di Canggu, Tampilkan Pesona Budaya dan Fesyen

Demian pula hari ini damkar mengajak anak-anak PAUD se-Badung untuk mengetahui secara dekat apa dan bagaimana dalam pencegahan bencana kebakaran dan cara pencegahannya. Hal ini yang harus diwujudkan Pemerintah Kabupaten Badung dalam mewujudkan pelayanan pablik kepada masyarakatnya sesuai Visi dan Misi Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam memberikan pelayanan yang baik, cepat  dan tepat sasaran kepada masyarakat di Kabupaten Badung yang berlandaskan “Trihita Karana”.

Dengan program mendekatkan diri dengan masyarakat dan memberikan pelayanan yang prima dan jelas Damkar Badung setiap Hari Jumat memberikan simulasi kepada anak-anak PAUD se Badung untuk pengenalan dan pemakaian alat-alat Damkar dan cara pencegahannya. “Hal ini sangat dipandang perlu dan penting untuk pencegahan bencana kebakaran kepada anak-anak disamping pengawasan orang tua” jelasnya.

Baca Juga :  Meriahnya Perayaan SMK Fest Bali, Meningkatkan Kreativitas Siswa dan Dukungan terhadap Pariwisata Lokal

Sementara itu Bunda PAUD Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan, Sangatlah penting penanaman kedisiplinan dan kewaspadaan dalam pencegahan terjadinya bencana kebakaran yang menjadi di sekitar kita. Dengan simulasi ini setidaknya anak-anak kita di Kabupaten Badung dapat mengerti dan mengetahui betapa bahayanya bermain api yang menyebabkan kebakaan,” jelasnya.

Dengan Simulasi pemadaman api dan penggunaan alat untuk pencegahan kebakaran tentu akan membawa nilai yang positif  kepada anak-anak kita. Pengetahuan dini tentang bahaya kebakaran kepada anak-anak PAUD tentu juga menjadi bekal agar menjauhkan diri dari bermain dengan Korek api yang dapat membahayakan. Mari kita jaga keselamatan dan lingkungan dari bencana kebakaran yang dapat merugikan indufidualnya secara fisikis dan material,” imbuhnya.

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

Dalam kesempatan tersebut Bunda PAUD Ny. Seniasaih Giri Prasta memperaktekkan cara pemadaman api.  Usai memadamkan api Bunda PAUD Ny. Seniasih Giri Prasta didampingi Ketua Gatriwara Badung Ny. Ayu Parwata melakukan rute keliling Puspem Badung dengan menaiki mobil Damkar bersama anak-anak PAUD.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News