Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Dari tanggal 12 hingga 15 April, Ubud dipenuhi oleh ribuan pencinta kuliner yang ikut dalam perayaan kuliner terbesar di Indonesia, Ubud Food Festival 2018 Persembahan ABC. Ubud menjadi tuan rumah bagi ratusan pencinta kuliner dari penjuru Indonesia dan negara-negara lainnya. Sejak beberapa hari sebelumnya, Ubud sudah didandani dengan ratusan umbul-umbul, poster, dan spanduk dengan warna-warna khas UFF, membuat siapapun yang menghampiri Ubud akan tergiur untuk ikut bersuka cita di UFF.

Keriaan yang berpusat di Taman Kuliner di Jalan Raya Sanggingan ini menyajikan 95+ kios makanan dan minuman yang menawarkan hidangan-hidangan lezat dari beberapa daerah di Indonesia dan negara-negara lainnya. Tidak hanya kios makanan dan minuman, UFF juga menyajikan 100+ program bersama 100+ pembicara yang diadakan di Taman Kuliner dan beberapa hotel serta restauran terbaik di Ubud.

Kerjasama antara UFF dan ABC, perusahaan yang lebih dari 40 tahun telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia, turut memberikan beragam pengalaman baru bagi para pengunjung dengan menghadirkan beragam kegiatan interaktif yang turut memperkenalkan ragam kuliner Indonesia. “Dukungan dari ABC ini membuat kami semua sangat bahagia. ABC adalah sebuah merk yang kita semua kenal dan cintai, merk yang sudah saya gunakan di dapur dan restauran-restauran saya lebih dari satu dekade, dan kesamaan visi dan misi antara UFF dan ABC menjadikan kolaborasi ini semakin sempurna.” ujar Janet DeNeefe, Founder & Director UFF.

Dhiren Amin, Head of Marketing, Kraft Heinz Asia Tenggara, juga berujar, “Ubud Food Festival merayakan keragaman makanan Indonesia. Sebagai merk makanan asli Indonesia, ABC juga memiliki misi untuk memperkenalkan masakan Indonesia dan ragam jenis kuliner dari penjuru nusantara kepada khalayak global. Kesamaan visi antara UFF dan ABC ini adalah motif utama kami dalam menjadi Presenting Partner di UFF 2018. Mengusung tema ‘Inovasi Cita Rasa Nusantara’, ABC menghadirkan berbagai kegiatan yang mengajak pengunjung UFF 2018 lebih mengenal dan mengetahui berbagai inovasi yang dapat dilakukan untuk memperkaya cita rasa kuliner Indonesia. Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari UFF 2018 ini.”

Baca Juga :  TUMBUH by Astra Financial Penuh Promo Menarik

Ubud Food Festival 2018 Persembahan ABC berhasil mencapai target pengunjung yang berupa kenaikan 30% dari tahun lalu, yaitu 12,000 pengunjung selama tiga hari penyelenggaraanya. Mereka semua memenuhi sesi-sesi acara UFF seperti demo masak di Kitchen Stage dan Teater Kuliner, panel diskusi di Food for Thought, serta puluhan acara Masterclass dan Special Events atau jamuan ekslusif, dan tidak ketinggalan pemutaran film dan pertunjukan musik. Para pencinta kuliner yang menghadiri UFF ini datang dari pelosok Bali, beberapa kota di Indonesia, dan juga beberapa negara lainnya.

Ada banyak acara yang menjadi highlight Festival, salah satunya adalah pembukaan resmi di Opening Night Party pada tanggal 12 April yang diselenggarakan di Taman Kuliner. Di acara ini UFF memberikan Lifetime Achievement Award untuk mendiang Bondan Winarno, sosok besar industri kuliner Indonesia yang meninggalkan kita semua beberapa bulan lalu.

Baca Juga :  Bali Raih Dua Penghargaan Dalam HUT Ke-74 Satpol PP dan Ke-62 Satlinmas di Padang

“Terima kasih kepada semua orang, terima kasih telah mengakui ayah saya sebagai seseorang yang bukan hanya tanpa lelah mempromosikan kuliner Indonesia, tapi juga mampu menumbuhkan rasa bangga akan kuliner Indonesia dan membuat kita jatuh cinta pada kuliner nusantara. Saya yakin saat ini ayah tengah berbahagia di atas sana sambal menikmati singkong goreng atau sambal roa.” ucap Gwendoline Winarno, puteri mendiang di atas panggung saat mewakilkan menerima penghargaan ini. Lifetime Achievement Award dari UFF ini diberikan setiap tahunnya kepada sosok-sosok yang berjasa dalam mempromosikan dan memajukan industri kuliner Indonesia.

Kabar bahagia lainnya yang datang dari penyelenggaraan Ubud Food Festival 2018 Persembahan ABC adalah dengan ditetapkannya Ubud sebagai UNWTO Prototipe Destinasi Gastronomi oleh Kementerian Pariwisata Indonesia melalui program Wonderful Indonesia. Wonderful Indonesia sendiri telah mendukung UFF sejak tahun 2017 lalu berkat visi dan misi UFF dalam mempromosikan pariwisata Indonesia melalui bidang kuliner.

Baca Juga :  PLTS Tahap 1 Kapasitas 10 MW Sukses Dioperasikan, PLN Tunjukkan IKN Dilayani Energi Bersih

“Kemenpar memilih Ubud, Gianyar untuk menjadi UNWTO Gastronomy Destination Prototype dan menjadi destinasi pertama yang akan dibranding sebagai destinasi gastronomy berstandar UNWTO, di mana mereka adalah endorser terbaik di dunia untuk bidang pariwisata,” ujar Vita Datau Messakh, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar yang juga memberika pidato sambutan di malam pembukaan UFF.

“Sebuah kebahagiaan yang luar biasa melihat kesuksesan UFF tahun ini, mulai dari dukungan dan kerjasama dari banyak pihak, deretan program yang lezat, hingga antusiasme pengunjung. Kami merasa usaha kami selama ini dalam mempromosikan kuliner Indonesia ke hadapan dunia global mulai dilihat, dan ini membuat kami semua semangat untuk menghantarkan sebuah Festival kuliner yang lebih baik lagi, yang makin mendunia di tahun 2019. Saya ucapkan terima kasih yang sangat mendalam bagi semua sponsor, partners, volunteers, media, chef dan pembicara, serta tentunya para pencinta kuliner.” ungkap Janet DeNeefe di hari terakhir UFF 2018.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News