Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Tema “Kerukunan dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Wujudkan Indonesia Damai” memiliki makna Tim Penggerak PKK saling bahu-membahu dengan segenap komponen masyarakat untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga bahwa kondisi aman, nyaman, damai di negara Indonesia dimulai dari keluarga.

Ini mengingatkan bahwa keluarga dan lingkungan harus menjadi benteng utama dan pertama untuk menciptakan kondisi aman, nyaman, tenteram, dan damai. Hal ini ditekankan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny Ayu Pastika saat membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-46 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018, bertempat di Wantilan Jaba Pura Puseh Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Selasa (13/3/2018).

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

Ny Ayu Pastika menambahkan, di jaman saat ini berbagai informasi dapat dengan mudah masuk dalam keluarga. Informasi yang tidak benar yang masuk dalam keluarga akan dapat menimbulkan konflik komunal dan bahkan sosial. Apabila sudah timbul konflik dampaknya adalah hilangnya rasa aman, nyaman, tenteram dan damai di lingkungan masyarakat. Untuk itu keluarga berperan penting sebagai benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga. Ketahanan Keluarga yang diharapkan adalah setiap keluarga memiliki kemampuan dan kemauan secara kolektif dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Sementara itu Gubernur Bali selaku Pembina Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas PMD Provinsi Bali, Ketut Lihadnyana mengatakan peringatan ini hendaknya bukan seremonial semata namun lebih kepada upaya meningkatkan sinergitas dan koordinasi antar pengurus dan kader PKK serta hubungan PKK dengan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam mendukung terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Tim Penggerak PKK telah mampu menjabarkan sinergitas ke dalam program kerja yang terarah, berorientasi kedepan dan bermanfaat bagi masyarakat. Gubernur menilai Tim Penggerak PKK telah banyak berbuat nyata dalam mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan melalui penanganan masalah pendidikan, kesehatan, dan peningkatan keterampilan kerja masyarakat.

Diharapkan, peran PKK akan lebih profesional dan proporsional. Itu berarti PKK melakukan tugas dan fungsinya secara normatif, kreatif, tepat waktu dan bertanggung jawab serta melakukan kegiatan-kegiatan yang memang secara teknis sebagai tugas pokoknya sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah. Untuk itu sinergitas PKK dengan instansi terkait baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota menjadi sangat penting.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Disela-sela puncak peringatan tersebut diserahkan Piala Bergilir Gubernur Bali kepada Pj Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar yang meraih juara umum dan hadiah berbagai lomba untuk memeriahkan peringatan HKG PKK Ke-46. Selain penyerahan hadiah lomba, kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat umum, dan Pameran Produk UP2K PKK Kabupaten/Kota se-Bali. Turut hadir Pj Bupati Gianyar dan Bupati/Walikota se-Bali, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Bali, serta FKPD Provinsi Bali. (humas-bali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News