Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Tercatat 149 peserta ikut ambil bagian dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII Kabupaten Tabanan 2018, di SD Islam Tabanan, Minggu (25/3/2018). MTQ kali ini melombakan delapan cabang seni baca Al Qur’an, yang dibuka Bupati Tabanan diwakili Asisten II Sekda Tabanan I Wayan Miarsana.

Ketua Panitia MTQ XXVII Kabupaten Tabanan, Amron Sudarmanto, S.Pd. MA., menyebut tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan minat seni baca-tulis Al Qur’an di kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa khususnya, serta umat Islam pada umumnya.

“Penyelenggaraan MTQ juga menjadikan Al Qur’an sebagai landasan iman yang kuat dan karakter bangsa. Menjadikan media silaturahmi umat Islam di Kabupaten Tabanan. Lebih dari itu, menjadikan Kabupaten Tabanan sebagai juara dalam even MTQ XVII 2018 di tingkat Provinsi Bali,” ujarnya.

MTQ kali ini bertema “Dengan Al Qur’an Kita Kuatkan Karakter Bangsa yang Beriman dan Bermartabat, demi Terwujud Masyarakat Tabanan yang Sejahtera, Aman, dan Berprestasi”.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

Sementara dari 149 peserta yang ikut ambil bagian, terdiri dari Kecamatan Tabanan dengan 31 peserta, Kediri (30), Selemadeg (12), Penebel (20), Pupuan (20), Baturiti (15), dan Kerambitan 21 peserta.

Yang dilombakan untuk peserta putra dan putri ada delapan cabang. Antara lain tilawah Al Qur’an, hifdzil Qur’an, fahmil Qur’an, syarhil Qur’an, khottil Qur’an, dan musabaqoh maqolah Al Qur’an. “Para juara I dari masing-masing cabang lomba, putra maupun putri, akan kami kirim untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi, yang akan diselenggarakan di Badung, Mei 2018 mendatang,” ujar Amron.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Sementara Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Miarsana, menyebut penyelenggaraan MTQ bukan sekadar bermakna sebagai peneguhan syi’ar Islam, namun diharapkan jadi barometer untuk mengukur hasil atau out come kegiatan pembelajaran Al Qur’an di masyarakat melalui Taman Pendidikan Al Qur’an yang tersebar di Kabupaten Tabanan.

“Al Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tak habis-habisnya untuk digali dan dikaji. Kajian-kajian Al Qur’an perlu digiatkan di lingkungan masyarakat, menuju pemahaman yang utuh dan benar, serta memerlukan bimbingan para ulama yang berkompeten di bidangnya,” ujar bupati.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri dan Buka Pelaksanaan Dharma Santi Perayaan Nyepi Saka 1946 Kabupaten Tabanan 2024

Kapolres Tabanan AKBP Marsdianto selaku Dewan Pembina MTQ Kabupaten Tabanan, pun menyatakan mendukung kegiatan positif tersebut. “Melalui even MTQ ini diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai semangat juang dan sportivitas dalam berprestasi,” harapnya. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News