Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Atlet Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Judo UGM berhasil meraih 4 medali dari ajang Carlson Gracie International Cup 2018 di Bangkok, Thailand.

Dalam kejuaraan yang berlangsung pada 18 maret 2018 ini delegasi Judo UGM sukses menggondol 1 medali emas dan 3 medali perunggu.

Medali emas diraih oleh Rosita Helena Puteri Tambunan  di kelas Light Feather (118 lbs). Berikutnya, medali perunggu diperoleh Gregorius Panji P. W  di kelas Rooster (127 lbs), Ainurrizqi  di kelas Rooster (127 lbs), dan Hafidz Wibowo  di kelas Light Feather (141,5 lbs).

Pelatih BJJ UKM Judo UGM Gusti Ahmad Syabani mengatakan  UKM Judo UGM menurunkan 7 atlet unggulannya pada Carlson Gracie Cup yang diselenggarakan dalam rangka 3rd Internasional & Thai Martial Arts Games and Festival 2018  tersebut. Mereka adalah Ilham Muhammad dari Fakultas Pertanian, Gusti Ahmad Syabani  dari Fakultas Filsafat, Ainurrizqi dari Fakultas Biologi, Marifatus Saadah dari Fakultas Ilmu Budaya, Rosita Helena P. T,  Gregorius Panji, dan Hafidz Wibowo dari Fakultas MIPA, dan Muhammad Fahriza dari Fakultas Teknik selakuofficial dan Ketua UKM Judo.

Baca Juga :  PJ Bupati Lihadnyana Targetkan PAD Buleleng Rp457 Miliar Pada RAPBD 2023

“Kompetisi ini memperlombakan keahlian teknik beladiri Jiu-jitsu Brasil (Brazillian Jiu-Jitsu),” jelasnya, Selasa (20/3/2018) di Kampus UGM.

Jiu-jitsu Brasilian, kata dia, merupakan pengembangan dari bela diri Kodokan Judo, yang dipelopori oleh Mitsuyo Maeda bersama Keluarga Gracie dan pertama kali dipopulerkan di Brasil. Teknik yang dipelajari pada Brazillian Jiu-Jitsu lebih fokus pada pertarungan lantai, bantingan, kuncian, dan cekikan.

Gusti mengaku bangga atas prestasi yang diraih UKM Judo UGM. Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan latihan para atlet dan bimbingan pelatih, serta dukungan dari universitas.

“Bangga atas hasil yang diraih UKM Judo yang dapat mengharumkan nama UGM dan Indonesia di mata dunia,” katanya. (ika/humas-ugm/bpn)