Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka persiapan program KKN Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) 2018, LPPM Undiksha melakukan audiensi ke Pemkab Tabanan. Kedatangan mereka diterima Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Senin (26/3/2018).

Bupati Eka menyampaikan apresiasi kepada Undiksha Singaraja yang telah memberikan kepercayaan kepada Tabanan sebagai salah satu lokasi KKN. Kehadiran mahasiswa KKN yang akan hadir Juli 2018 nanti, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak. Sebagai generasi penerus, mahasiswa juga diharap dapat menjadi agent of change dalam pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Tabanan Laksanakan Persembahyangan Bersama Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot

“Kami menyambut baik rencana KKN mahasiswa Undiksha. Mahasiswa dapat menjadi agen perubahan. Saya harap akan lahir kecintaan anak-anak terhadap alam, khususnya di bidang pertanian. Ajarkan semangat kepada generasi penerus kita untuk selalu bergotong-royong, menjaga ajeg Bali, mencintai budaya, produk, serta memiliki kepedulian sosial dan sense of belonging,” ungkapnya.

Terkait bidang pertanian, katanya, masyarakat Tabanan sebagian besar menggantungkan hidup dari sektor pertanian. Di Tabanan, pemberdayaan di bidang pertanian terus digencarkan. Salah satunya dengan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan sejumlah program unggulan lainnya.

Baca Juga :  Festival Vokasi AHM, Perwakilan Astra Motor Bali Raih Juara III Kategori Guru

“Saat ini, Tabanan telah memiliki 68 BUMDes dari total 133 desa yang tersebar di Tabanan. Pemerintah memberikan modal Rp 200 juta tiap BUMDes. Lewat BUMDes, hasil pertanian dijual lebih tinggi, dan BUMDes ini dikelola BUMDa.

Pelaksanaan KKN mahasiswa Undiksha direncanakan di 72 desa yang ada di Tabanan. Jumlah mahasiswa KKN yang ada di tiap desa sekitar 18 hingga 20 orang. Sebelum turun ke desa, juga ada pembekalan mengenai kondisi dan situasi desa tempat mereka KKN. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News