Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Masih dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-60, Universitas Padjadjaran akan memberikan “Otto Soemarwoto Award” kepada insan yang memilki jasa dalam menjaga kualitas lingkungan di tengah pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dan kemajuan global saat ini.

Penghargaan ini merupakan wujud dedikasi bagi salah satu tokoh pendahulu sekaligus pemprakarsa nilai-nilai dasar Unpad, yaitu Prof. Otto Soemarwoto. Prof. Otto merupakan guru besar Unpad yang gigih mendedikasikan ilmu dan separuh hidupnya di bidang lingkungan hidup.

Bersama Prof. Mochtar Koesoemaatmadja, Prof. Otto telah menorehkan Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional” yang masih relevan dengan kondisi Unpad saat di tengah tantangan kemajuan global.

Kiprah perjuangan Prof. Otto bukan hanya diakui secara nasional, melainkan internasional. Tercatat, Prof. Otto pernah menerima penghargaan Global 500 dari United Nation of Environment Programme pada 1982 serta penghargaan Order of the Golden Ark dari Pemerintah Belanda pada 1985.

Baca Juga :  Fakultas Biologi UGM dan B2P2OOT Perkuat Kerja Sama Riset Tanaman Obat dan Jamu

Berbagai jasa keilmuan dan dedikasi Prof. Otto ini layak untuk dipertahankan sekaligus dilanjutkan. Untuk itu, dalam momentum 60 tahun ini, Unpad mengangkat tema besar perayaan Dies Natalis di bidang upaya menjaga kualitas lingkungan di tengah meningkatnya perkembangan ekonomi di Indonesia.

Anugerah Otto Soemarwoto merupakan kali pertama yang dilakukan Unpad. Anugerah ini secara khusus diberikan bagi akademisi internasional yang konsisten di bidang eco-development. Kriteria akademisi yang terpilih memiliki reputasi keilmuan secara internasional; kredibel, berdedikasi, dan berintegritas; memiliki pengaruh kuat dalam lingkungan akademik maupun kehidupan bermasyarakat; melahirkan beragam inspirasi dan menjadi sosok perintis sekaligus pemberdaya; mandiri; serta memiliki jaringan internasional.

Baca Juga :  40 Rider Komunitas New Supra GTR 150 Touring Jelajah Kintamani

Pemberian anugerah ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 7 Oktober 2017 dalam acara “International (Outdoor) Seminar on Eco-Development” di Observatorium Boscha, Lembang. (humas-unpad/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :