Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Keberadaan posko-posko madiri dan posko umum bagi pengungsi Warga KRB Gunung Agung di Kota Denpasar dengan berbagai pelayanan yang telah dilakukan mendapat apresiasi dari warga KRB. Gunung Agung. Berbagai pelayanan dari pelayanan kesehatan, pendistribusian logistik hingga fasilitas yang disediakan membuat rasa nyaman para pengungsi.

Seperti yang dituturkan Gusti Aji Angga, Sabtu (14/10/2017) saat kunjungan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Posko mandiri  Pusat Latihan Tarung Derajat, Banjar Kesambi, Desa Kesiman Kertalangu yang mengaku nyaman di tempat sementara ini. Kehadiran Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri disambut Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, OPD terkait Pemkot Denpasar, serta pihak desa setempat bersama relawan.

“Nyaman sementara tinggal disini, dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang di berikan,’’ ujar Gusti Aji Angga. Lebih lanjut Gusti Aji Angga yang mengaku asal Selat Duda, Karangasem ini berada di posko Mandiri Tarung Derajat sudah sejak tanggal 22 September lalu. Bersama anak serta cucu ditempat pengungsian ini telah mendapatkan perhatian dari Pemkot Denpasar, pihak relawan serta warga dan pihak desa kesiman kertalangu. Disamping itu pelayanan pendidikan sementara kepada cucunya juga telah diberikan dan difasilitasi pihak Desa Kesiman Kertalangu.

“Tempat tinggal sementara ini sangat bagus dan nyaman, serta saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dengan keberadaan warga KRB. Gunung Agung,’’ ujarnya.

Baca Juga :  Dukung Kemajuan Produk Dalam Negeri, Sekda Kota Denpasar Hadiri Business Matching 2024 di Sanur

Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar mengatakan berbagai langkah dalam upaya bersama tanggap bencanan Gunung Agung telah dilakukan Pemkot Denpasar bersama masyarakat. Pelayanan kepada para pengungsi yang telah diintruksikan Walikota Rai Mantra dari pelayanan kesehatan kepada  bayi, anak-anak, lansia dan ibu hamil agar dilaksanakan dengan baik. Seperti pelayanan imunisasi campak dalam mengantisipasi berbagai dampak kesehatan balita warga KRB Gunung Agung telah dilaksanakan secara bertahap. Pemberdayaan juga telah dilakukan seperti memberikan berbagai pelatihan kepada warga KRB. Gunung Agung.

Dari membuat ceper, dupa, dan kerajinan yang dapat meningkatkan perekonomian mereka selama berada di pengungsian. Langkah ini juga untuk menghilangkan rasa jenuh kepada warga KRB. Gunung Agung yang berada menyebar di posko-posko baik mandiri dan umum di Kota Denpasar. Para siswa sekolah warga KRB. Gunung Agung juga telah difasilitasi Walikota Rai Mantra untuk mengenyam pendidikan sementara di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Gelar Morning Gathering Motor Listrik Honda ke Komunitas

Sementara Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan keberadaan warga pengungsi di posko mandiri Pusat Latihan Tarung Derajat, Banjar Kesambi telah sangat baik dan nyaman. Disamping itu tak terlepas juga dengan posko umum yang difasilitasi Pemerintah Kota Denpasar juga telah sangat baik dan membuat warga nyaman. Mas Sumatri mengingatkan kepada warganya agar turut membantu menjaga kebersihan lingkungan posko mandiri ini. Menurut  Mas Sumatri sebanyak 185 ribu warga Karangasem yang mengungsi menyebar di 9 kabupaten/kota di Bali.

‘’Kami masyarakat dan Pemerintah Karangasem menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemkot Denpasar dan masyarakat yang telah memfasilitasi dan memberikan pelayanan kepada warga KRB. Gunung Agung,’’ ujarnya. (pur/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News