Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Peringatan Hari Kesatuan Pancasila di Kabupaten Badung dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala. Senin (2/10/2017). Selaku Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa dan diikuti peserta dari siswa-siswi SMP dan SMA, Karyawan-karyawati Pemda Badung dan dari TNI/Polri serta dihadiri Forum Komunikasi Daerah, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata beserta anggota dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung.

Dalam pelaksanaan Peringatan tersebut Ketua DPRD Badung I Putu Parwata membacakan Ikrar Kebangsaan yang isinya, Dengan Rakmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara menyadari sepenuhnya; Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekuranganwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai – nilai luhur idiologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai – nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

Usai Upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menyampaikan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan suatu penghargaan kepada Para Pahlawan yang telah gugur yang telah berjuang sekuat tenaga mempertahankan Pancasila sebagai dasar/ideologi Negara Republik Indonesia. Disamping itu Momen Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai satu informasi sosialisasi kepada generasi muda/generasi yang akan datang, bahwa pernah ada sejarah yang tidak harus terulang lagi. Oleh karena itu kita perlu terus waspada dan siaga dalam rangka mempertyahankan Pancasila sebagai Dasar Negara ini. Langkah-langkah yang kita lakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini, bahwa selalu berlandaskan Pancasila dari kelima Sila yang ada pada Pancasila yang merupakan tugas generasi muda untuk menterjemahkan/mengimplementasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, karena bagaimanapun juga Dasar Negara tidak hanya diucapkan saja tetapi yang paling penting adalah diimplementasikan dalam karya-karya nyata pada kehidupan sehari-hari,” katanya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News