Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memiliki komitmen tinggi untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat Badung mulai kebutuhan dasar, infrastruktur, hingga peningkatan sumber daya manusia. Komitmen ini sudah dituangkan dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana yang didalamnya mencakup 5 (lima) skala prioritas program pembangunan yang meliputi; pangan,sandang, papan; kesehatan dan pendidikan; jaminan sosial dan ketenagakerjaan; seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata.

“Kami Pemkab Badung komit dan menjadi tanggungjawab kami untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di Kabupaten badung,” kata Bupati Giri Prasta saat menghadiri Piodalan Ngenteg linggih lan Padudusan Alit, di Pura Anyar Agung,  Banjar Gunung, Desa Abiansemal, Rabu (4/10//2017) lalu.

Bupati Giri Prasta yang pada kesempatan tersebut didampingi anggota DPRD Badung Made Ponda Wirawan menjelaskan, dalam mengimplementasikan kelima skala prioritas program pembangunan tersebut, Pemkab Badung telah mengambil beberapa kebijakan seperti proses lahir, hidup dan mati ditanggung penuh pemerintah.

Mulai dari lahir ditanggung sekaligus mendapat akte kelahiran. Dimasa hidup, bila masyarakat sakit dan berobat di puskesmas, RSUD Mangusada, RSUP Sanglah, RS Swasta, klinik dan dokter praktek yang diajak kerjasama, ditanggung penuh. Tak hanya itu, mulai bulan ini Bupati juga mengambil kebijakan memberikan santunan kepada penunggu pasien kelas III. Sedangkan saat mati, masyarakat mendapat santunan kematian 10 juta, akte kematian dan perubahan KK. Bidang pendidikan, dengan program laptop gratis bagi SD kelas V dan VI, seragam bagi murid baru kelas 1 SD dan 1 SMP. Dan dipastikan tidak ada pungutan di sekolah.

Baca Juga :  PT Samator, Memimpin Industri Gas Indonesia

Ditambahkan, dibidang seni budaya, Bupati akan membangun tuntas pura khayangan tiga desa adat di badung, serta pada tahun 2018 nanti seluruh Pemangku khayangan tiga akan digaji. Selain itu ada program pelestarian griya dan puri. Dibidang pertanian, Bupati mengambil kebijakan pembebasan pajak bumi dan bangunan bagi masyarakat Badung. Ada pula program bedah rumah, dimana untuk bedah rumah dibantu 55 juta, rehab berat 30 juta dan rehab ringan 15 juta.

Dengan program dan kebijakan yang diambil itu, Bupati ingin menjadi Tokoh Internasional. Sementara, mengenai rencana program yang akan dilaksanakan krama Banjar Gunung, seperti pembangunan balai banjar, jalan tembus Br. Gunung menuju Semana, meningkatkan kegiatan PKK dan Sekaa Teruna dalam seni tabuh serta pembangunan lapangan bola voly, akan dibantu sepenuhnya oleh Bupati.

Baca Juga :  K-MBSS dan PERDAWERI Memperkuat Kolaborasi Strategis dalam Industri Kesehatan

Pemucuk karya, Made Kandra melaporkan, bahwa piodalan ngenteg linggih ini merupakan karya yang ketiga kalinya dilaksanakan, dipuput Ida Pedanda Istri Griya Agung Abiansemal. Dikatakan, krama Br. Gunung terdiri dari krama pengarep sebanyak 71 KK, pengele 250 KK.

“Kami sangat bangga mempunyai bupati yang sangat merakyat. Banyak kemajuan telah dirasakan di badung ini. Krama Br. Gunung siap mendukung program Bapak Bupati kedepannya,” jelasnya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News