Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Wayan Gunawan, membuka workshop penguatan pendidikan karakter untuk pendidik anak usia dini (PAUD) Kota Denpasar, Selasa (17/10/2017). Agenda workshop selama dua hari diiikuti 80 pendidik PAUD perwakilan dari kecamatan se-Kota Denpasar.

Gunawan menegaskan, pendidikan anak di usia dini merupakan hal yang sangat krusial bagi tumbuh kembangnya anak-anak. Oleh karena itu, Gunawan mengakui peranan penting guru-guru PAUD yang ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

‘’Masa keemasan anak di usia 0-6 dan ini juga masa perkembangan karakter anak. Begitu mereka sampai di pendidikan tertinggi nanti, karakter mereka sudah terbentuk yang berakhlak dari segi agama, segi prilaku mulai berkembang psikorik kasar dan halus, serta pengenalan lingkungan masyarakat dan sosial,’’ ucap Gunawan.

Baca Juga :  Tuntaskan Program Vaksin Nasional, Kodim Badung Gelar Vaksinasi Bagi Para Lansia di Wilayah Dentim

Namun, ia mengingatkan bahwa dalam mendidik anak-anak kita, tak cukup hanya fokus pada kecerdasan semata.  Kecerdasan itu memang diperlukan, tapi tentunya harus diimbangi dengan budi pekerti dan nilai-nilai karakter yang baik. ‘’Inilah proses-proses membangun mentalitas dan menguatkan pendidikan karakter yang akan terus kita lakukan,’’ kata Gunawan.

Ia sekaligus berpesan agar para pendidik dapat mempersiapkan anak-anak untuk dapat berkompetisi di masa mendatang. Dalam kompetisi global, persaingan antarsumber daya manusia negara satu dengan lainnya salin bersaing. Untuk memenangkan kompetisi itu tidak hanya masalah kecerdasan, dibutuhkan karakter-karakter unggul yang tahan banting dan pantang menyerah. ‘’Itulah kenapa pelatihan ini dilakukan,’’ ujarnya.

Baca Juga :  Dinas Pertanian dan Pangan Badung Sebar Ribuan Bibit Cabai

Menurut Gunawan, anak-anak juga harus ditanamkan rasa cinta kepada Sang Pencipta dan segala ciptaan-Nya.  Semua itu perlu diberikan pemahaman dan pelatihan sejak dini. Tak terkecuali yang berkaitan dengan kemandirian, disiplin dan tanggung jawab. ‘’Kita harus menyiapkan anak-anak kita bagaimana mempunyai rasa percaya diri yang baik. Anak-anak kita harus kita siapkan untuk menjadi karakter-karakter yang kreatif, tahan banting, dan pantang menyerah,’’ tegasnya.

Tak kalah pentingnya, anak-anak juga harus diarahkan untuk dapat menjadi pemimpin besar di masa mendatang. Inilah tugas utama yang diharapkan dapat diemban oleh para pendidik-pendidik kita. ‘’Anak-anak kita juga harus kita siapkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin yang baik dan bijak,’’ tuturnya.

Baca Juga :  Bersama Junior Indonesian Chef, Mahasiswa IPB Internasional Dukung Eksistensi Minuman Herbal di Tengah Pandemi Covid-19

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Disdikpora Kota Denpasar yang juga Ketua Panitia Workshop PAUD, Made Merta mengatakan, dengan diadakan acara ini mampu membentuk pendidik yang berkarakter agar menghasilkan generasi yang berkualitas dan hebat. Polanya dengan penerapan gerakan penguatan pendidikan karakter melalui pendekatan pendidikan karakter berbasis kelas, budaya sekolah dan masyarakat sesuai dengan potensi lingkungan dan kearifan lokal yang ada. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :