Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, Drs. IGA Rai Anom Suradi, M.M., mengatakan bahwa sekarang ini sudah masuk eranya kompetensi. Bila ingin cepat diterima kerja, lulusan SMK harus memiliki kompetensi.

‘’Di zaman kompetensi dan zaman digital saat ini, lulusan harus memiliki pola pikir global. Bila tidak, lulusan SMK akan menjadi pengikut saja,’’ kata Anom Suradi saat membuka kegiatan penyuluh jabatan yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar di SMK Dwijendra, Selasa (12/9).

Dikatakan, dalam era MEA, mobilitas pasar kerja di kawasan ASEAN makin terbuka dan bebas. Hal ini berdampak terbukanya peluang sekaligus persaingan kerja yang semakin ketat antarnegara-negara ASEAN.

“Syarat formal pendidikan memang penting. Tapi kompetensi lebih diutamakan. Jadi sekarang yang dibutuhkan adalah orang-orang yang berpengalaman, punya keahlian, lulus uji kompetensi dan mendapat sertifikat kompetensi. Inilah yang bisa masuk pasar kerja internasional,” kata Anom Suradi.

Baca Juga :  Hingga Akhir Februari, Kanwil DJP Bali Bukukan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

Menurut birokrat asal Peguyangan ini, beberapa hal yang membuat calon karyawan dapat diterima dengan cepat adalah kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan. Kemampuan dicari adalah kemampuan softskill-nya. Pasalnya hardskill lebih mudah untuk dipelajari dibanding dengan membentuk softskill karyawan.

‘’Softskill yang biasanya dibutuhkan oleh dunia kerja adalah kemampuan beradaptasi di tengah situasi bisnis yang dinamis. Softksill lain yang dibutuhkan adalah integritas, kerajinan, sikap profesionalisme, dan sikap pantang menyerah,’’ ujar bapak dua anak ini.

Anom Suradi menambahkan ada empat hal yang harus diperhatikan dalam bekerja bila ingin sukses. Yakni, canda, wirya, citta, dan wimangsa. Canda artinya menyenangi pekerjaan. Sedangkan wirya berarti ulet, tekun, dan tidak mudah menyerah. “Citta, artinya fokus pada suatu pekerjaan. Wimangsa, kita harus berinovasi, kreatif di dalam bidang pekerjaan sehingga akan selalu ada peningkatan-peningkatan di dalam mutu pekerjaan,’’ katanya.

Kasi Pelayanan Antar Kerja Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi (DTKSK) Kota Denpasar, I Putu Ratna Lati Kammanta, SE.,M.Si., berharap kepada siswa untuk dapat lebih membekali diri dengan keterampilan-keterampilan diluar yang diperoleh di sekolah, seperti keterampilan komputer, bahasa Inggris dan lainnya.  Pemerintah Kota Denpasar memiliki website bursa kerja yang menyediakan informasi lowongan kerja yang up to date yang bisa di akses di http://bursakerja.denpasarkota.go.id.

Kepala SMK Dwijendra, Ketut Widia, M.Pd., mengapresiasi penyuluh jabatan yang digelar  Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, sehingga para siswa dapat lebih detail mengenal dunia kerja. Ia mengatakan, SMK Dwijendra berkomitmen mecetak lulusan berkarakter juga berdaya saing tinggi. Mereka disiapkan bekerja, melanjutkan studi dan wirausaha. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News