Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Badung hadir dalam acara Pelantikan Pengurus Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Kecamatan dan Pengurus Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Desa se- Kec Mengwi masa bhakti 2017-2022, di Br PengembunganDesa Pererenan Senin (25/6/2017).

Bupati didampingi anggota DPRD Kab Badung Nyoman Satria, Ketua MGPSSR Prov. Bali Wisnu Bawa Temaja, Ketua PHDI Kab Badung, Sekcam Mengwi Nyoman Suartana, Tripika Kec Mengwi, Pengurus MGPSSR Se Kec Mengwi, Perbekel Pererenan, Bendesa Adat Pererenan.

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta selaku Ketua MGPSSR Kab Badung melantik Pengurus MGPRRS Kec Mengwi dan MGPSSR Desa se – Kec Mengwi ditandai penyematan Pin. Ketua MGPSSR Kec. Mengwi terpilih Made Madhia dan Bupati Menyerahkan bantuan Rp. 30 juta.

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyampaikan selaku Ketua MGPSS Badung telah melaksanakan tugas untuk bagaimana merekrut kepengurusan di tingkat kecamatan sampai ke desa adat. Kepengurusan ini sudah dilakukan di kec kuta, kuta selatan, kuta utara dan di kec mengwi. “Astungkara cepat saya akan tuntaskan di abiansemal dan petang,” katanya. Pengurus ini diharapkan kembali melakukan pendataan keluarga besar semeton pasek sehingga semeton pasek yang ada di kab badung dapat bersatu.

Baca Juga :  Gusti Kanjeng, Berlari Pagi Sambil Berbagi Dengan Tukang Sapu

“Dari badung kita akan membangun bali itulah konsep yang kita lakukan untuk bagaimana meneruskan ide, cita-cita dan gagasan untuk kita laksanakan dengan baik kaitannya pesemetonan khusus di pasemetonan pasek dan saya akan membantu sepenuhnya kegiatan dan mempasilitasi  bagaimana melaksanakan kegiatan kegiatan adat umat hindu di pesemeton pasek ini,” jelasnya.

Ketua MGPSSR Maha Gotro Pasek Sanak Sapta Rsi Kec Mengwi Wayan Madhia melaporkan, program pengurus MGPSSR Kec Mengwi periode 2017-2022 mulai dari visi misi yaitu meningkatkan sradha bhakti kepada ida betara kawitan leluhur dengan ini ide betara panca tirta, bakti kepada ida batara hyang wijaya yang berstana di pura lempuyang madia, ida betara empu kuturan yang berstana di pura sila yukti, ide betara empu semeru yang berstana di pura luhur pasek di besakih, ide betara empu gana yang berstana di pura munduk dawa dan ide betara empu beradah berstana di pura lebak bulus jawa timur.

Baca Juga :  Persaingan Makin Ketat, Ali Adriansyah Rusmiputro Berhasil Finish di Portugal

“Itulah tekad kami selaku pengurus maha gotra pasek sanak sapta rsi kedepan, selama satu periode jadi kami wujudkan sradha bakti dan secara skala, jadi kami akan ikut membangun bali,” tambahnya.

Khusus untuk badung juga akan mendukung program pemerintah kab badung apalagi dalam hal ini yang menjadi Bupati Badung suatu kebetulan beliau adalah dari semenon pasek yaitu Bapak I Nyoman Giri Prasta selaku ketua MGPSSR Kab Badung.

 “Kami akan dukung segala program pemerintah kab badung, karena bagaimanapun juga Bapak Bupati sangat antusias terhadap masyarakat badung khususnya terhadap masyarakat Mengwi. Disamping itu juga dari leluhur kami jadi trah pasek wajib harus mengabdikan diri terhadap agama khususnya agama Hindu dan NKRI ,” pungkasnya.(humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :