Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Begadang Filmmaking Competition adalah kompetisi unik dengan skala nasional yang menantang para pesertanya untuk menyelesaikan film pendek mereka dengan batas waktu produksi 34 jam. Kompetisi ini dirancang dan diadakan oleh organisasi film pendek Minikino sebagai kegiatan pra-event dari acara tahunan Minikino Film Week, Festival Film Pendek Internasional yang akan dilangsungkan 7-14 Oktober 2017 mendatang di Bali.

Pendaftaran dibuka tanggal 20 Juli 2017 sampai 25 Agustus 2017. Proses pendaftaran yang dilakukan secara on-line. Tercatat 40 tim peserta mendaftar, namun hanya 30 tim yang memenuhi persyaratan untuk maju ke tahap produksi. Para peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimatan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali.

Kegiatan utama kompetisi adalah proses pembuatan film yang dilakukan para peserta di lokasi mereka masing-masing, telah berlangsung pada hari Sabtu, 2 September 2017 tepat jam 8 pagi WITA. Panitia memberi aba-aba mulai secara on-line dengan memberitakan panduan-panduan elemen audio visual yang sebelumnya dirahasiakan. Berita ini dilakukan serentak di berbagai kanal milik minikino, termasuk instagram, facebook, twitter dan website resmi. Juga diberitakan melalui nomer sms pribadimasing-masing peserta.

Dengan menggunakan panduan ini, para peserta mulai membangun ide cerita mereka, merancang produksi, melakukan shooting, editing dan seluruh proses yang diperlukan untuk menyelesaikan film pendek dengan durasi maksimal 5 menit. 34 jam kemudian, yaitu hari Minggu, 3 September 2017 jam 6 sore, seluruh film karya peserta yang berhasil menyelesaikan filmnya harus sudah diterima panitia di Posko Begadang yang secara fisik berada di sekretariat Minikino di Bali. Pengiriman file film juga dilakukan secara on-line.

Baca Juga :  Kolaborasi Strategis dalam Pengelolaan Limbah dan Pengembangan Sumber Daya Industri

Akhirnya, tersaring hanya 17 tim produksi yang berhasil membuktikan kehandalan menyelesaikan film pendek mereka sesuai batas waktu yang diberikan. Dari ke 17 karya ini, tim seleksi memilih 6 karya terbaik untuk masuk ke penilaian tim juri final, yang akan menentukan juara 1, 2 dan 3 Nasional.

Berikut ini daftar judul karya dari enam kelompok produksi yang menjadi nominasi pemenang:

  1. 1 YANG TERSISA (Bali Atmosphere Film Sukasada, Buleleleng, Bali / 06:02)
  2. ALMARI (Guru Banjarmasin, Kalimantan Selatan /2 menit )
  3. DIA (D’ Lapan Tuju Malang, Jawa Timur / 4 menit)
  4. KAMBING HITAM ( Syahdu Cinema Nusantara Bekasi, Jawa Barat / 5menit )
  5. MANTAP JIWA (YPS Studios Pictures Medan, Sumatera Utara / 5menit )
  6. MIBER (Gunungan Cine Surabaya, Jawa Timur / 5 menit)
Baca Juga :  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Keenam finalis tersebut juga diundang ke Bali pada saat festival film pendek internasional 3rd Minikino Film Week berlangsung di Bali yaitu 7 – 14 Oktober 2017. Mereka menerima penggantian biaya kedatangan sebesar 1 Juta rupiah serta akomodasi gratis untuk hadir dalam malam penganugerahan Internasional pada tanggal 14 Oktober 2017 di Denpasar. Dalam acara ini akan diumumkan film pendek terbaik pertama, kedua dan ketiga, memperebutkan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah.

Minikino Film Week pada tahun ketiga menghadirkan kompetisi unik ini dengan harapan optimis, untuk menghubungkan lebih banyak lagi para pembuat film pendek di Indonesia, serta menawarkan sebuah pengalaman produksi yang dapat dikenang. Begadang Filmmaking Competition 2017 menjadi catatan yang penting dalam perjalanan waktu perkembangan film pendek di Indonesia dan akan menjadi ajang tahunan bersama-sama festival Minikino Film Week. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News