Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pemkab Tabanan menggaet sejumlah usaha untuk mengimplementasikan program Kartu Identitas Anak (KIA). Selain itu juga memudahkan pelayanan di bidang administrasi kependudukan, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tabanan menyediakan program layanan Paket Serasi.

Kedua program tersebut pun diluncurkan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Rabu (9/8/2017). Acara itu juga dihadiri Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Kepala Ombudsman Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, sejumlah pimpinan OPD, serta para camat se-Kabupaten Tabanan.

Terkait KIA yang baru dilancarkan itu, bagi anak-anak yang memegang KIA bisa mendapatkan diskon atau potongan harga bila menunjukkan saat berbelanja di tiga perusahaan yang ikut mendukung program tersebut.

Bupati Eka pun menyambut baik peluncuran KIA dan layanan Paket Serasi di bidang administrasi kependudukan tersebut. Dia tetap menekankan agar layanan inovatif ini dikembangkan terus, agar bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Krama Desa Dauh Peken

Kepala Dinas Dukcapil Tabanan, IGA Rai Dwipayana, menjelaskan, implementasi program KIA akan dikembangkan secara terus-menerus, dengan melibatkan usaha-usaha lainnya. Dalam waktu dekat akan menjajaki kerja sama dengan sejumlah daya tarik wisata (DTW).

Penerapan KIA merupakan tindak lanjut dari Permendagri Nomor 2 tahun 2016, tentang KIA. Dalam ketentuan peraturan itu, negara diwajibkan mendata penduduk, termasuk anak-anak mulai dari nol tahun sampai dengan 17 tahun minus satu hari.

Dalam acara tersebut. Bupati Eka juga menyerahkan secara simbolis KIA kepada beberapa orang pelajar, serta Paket Serasi kepada sejumlah warga. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News