BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Praktik politik ala anak-anak dalam pemilihan “presiden” diselenggarakan di SDN 1 Mambang, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Senin (7/8/2017). Kegiatan tersebut pun diatensi piket fungsi jajaran Polsek Selemadeg Timur, yang dipimpin Pawas Aiptu I Gusti Ngurah Putra.

Penggagas kegiatan tersebut, yang juga guru di sekolah tersebut, I Wayan Budi Susila, menyebut pemilu ala anak-anak itu merupakan pengenalan praktik politik yang demokratis, santun, dan harmonis sejak dini kepada para siswa.

Ada beberapa partai versi anak-anak di sekolah itu, antara lain Partai Patriotis, Partai Demokratis, dan Partai Idealis. Masing-masing partai memiliki calon untuk dipilih menjadi presiden, dengan mekanisme aturan pemilihan yang sudah ditetapkan. Disiapkan pula bilik suara untuk pemilihan yang berlangsung umum, bebas, dan rahasia.

Baca Juga :  Bupati Mahayastra Resmikan Kantor MDA Gianyar

“Pemenang ditentukan dari memperoleh suara terbanyak. Selanjutnya akan ditetapkan menjadi presiden sekolah,” ujar Budi Susila.

Hal senada diungkapkan Kepala SDN 1 Mambang, Ni Putu Sutami. Dia pun membenarkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya itu murni sebagai pengenalan politik sejak dini. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :