Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Paradigma desa mandiri dalam mengelola kebersihan dan keasrian dijadikan spirit menciptakan Badung clean and green. Untuk mewujudkan itu, Camat Petang Ida Bagus Nata Manuaba mencanangkan gerakan terpadu penanganan kebersihan menuju Badung bersih di wantilan Desa Adat Anggungan, Desa Carangsari, Petang, Jumat (11/8/2017).

Pencanangan gerakan tersebut ditandai penyerahan bantuan tong sampah kepada komunitas masyarakat di Desa Carangsari. Selain itu juga diserahkan bantuan sembako kepada warga kurang mampu dan para pemangku serta dana motivasi untuk umat kristiani di Desa Carangsari.

Tampak hadir Forkomda Kecamatan Petang, Kepala UPT Disdik Petang IGL Subamia, Bendesa Adat Anggungan, I Made Susila, Perbekel Carangsari I Nyoman Artawa, Perbekel Pangsan Tri Sukarya, Perbekel Getasan Wayan Suandi, ratusan masyarakat Carangsari, dan para pelajar di lingkungan Desa Carangsari.

Camat Petang Nata Manuaba menjelaskan dalam aspek penanganan kebersihan lingkungan, desa juga harus mandiri mengelola keasrian dan kebersihan lingkungan secara terpadu. Karena itu, pola penanganan kebersihan berbasis desa perlu direspons oleh seluruh elemen masyarakat Petang sebagai  bentuk partisipasi mendukung program Bupati Badung mewujudkan Badung Clean and Green.

Baca Juga :  Gelar Bimtek Ketahanan Pangan, Diperpa Badung Ajak TP PKK Kabupaten Badung Optimalisasi Lahan Pekarangan

“Pendekatan desa dalam upaya mengelola kebersihan adalah sebuah gagasan melibatkan partisipasi publik dalam membangun desa,” tukas Camat Petang didampingi Sekcam Petang I Gede Sudarwita.

 “Kami sangat mendukung konsep Bupati Badung dalam pengelolaan kebersihan berbasis masyarakat dan kami tuangkan melalui gerakan terpadu memujudkan Badung bersih dengan menempatkan desa  sebagai ujung tombak pembangunan,” ujarnya.

Dalam tataran pengelolaan sampah terpadu di wilayah Kecamatan Petang, Camat Nata Manuaba menempatkan lima desa wisata sebagai “pilot project” yaitu Desa Carangsari, Pangsan, Petang, Pelaga, dan Belok/Sidan.

“Kami akan merumuskan pola kemitraan dengan desa dalam hal pengelolaan kebersihan lingkungan. Sebagaimana harapan Bapak Bupati Badung, desa bukan lagi sebagai objek pembangunan, tetapi subjek atau pelaku pembangunan,” katanya.

Baca Juga :  Desa Swan Villas & SPA Keramas, Surga Liburan Bernuansa Bali

Pola yang dirumuskan dalam gerakan terpadu ini, kata Nata Manuaba, diantaranya pihak desa adat menuangkan gagasan ini dalam bentuk perarem untuk menjadi bagian integral dalam awig-awig desa adat. Sementara pihak desa dinas berpartisipasi dalam pengangkutan sampah ke tempat pembuangan sementara.

“Kami juga menggandeng pihak sekolah untuk membuat tata tertib sekolah melarang siswa buang sampah sembarangan melalui gerakan Sabtu bebas sampah plastik,” katanya.

Sejauh ini, kata Nata Manuaba, pihaknya telah membangun komunikasi yang baik dengan elemen masyarakat adat  dan Pemerintah Desa, dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sehingga sinkronisasi program antara masyarakat dan pemerintah nantinya tidak akan mengalami kendala.Sementara Bendesa Adat Anggungan I Made Susila mengapresiasi inovasi yang dicetuskan Camat Petang dalam penanganan kebersihan berbasis masyarakat. “Pencanangan gerakan terpadu penanganan kebersihan ini adalah yang pertama kali di Kabupaten Badung, apalagi menjadikan desa wisata sebagai percontohan,” tukas Susila.

Baca Juga :  Rock Bar di Bali Menghadirkan Identitas Visual Baru yang Memukau

Menurutnya, pariwisata identik dengan keindahan dan Kebersihan, sementara keindahan dan kebersihan  mencerminkan budaya suatu bangsa. “Karena itu kita sebagai bangsa yang berbudaya dalam mengembangkan pariwisata yang kita miliki selayaknya menonjolkan identitas diri yang berbudaya. Dalam membawa misi pariwisata saya  lebih dahulu memberdayakan masyarakat yang berbudaya dalam pengelolaan sampah,” tegasnya seraya menjelaskan bentuk pemberdayaan itu adalah mewajibkan masyarakat menyedikan dua tong sampah di depan rumahnya untuk sampah organik dan non organik. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News