Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 1619/Tabanan berlangsung di Lapangan Umum Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Selasa (4/7/2017). Pembukaan ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan program TMMD, serta pemukulan gong oleh Wabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Gubernur Bali dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sanjaya, menyebut TMMD dalam upaya pemberdayaan masyarakat, sekaligus membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan. “Momen ini diharapkan memotivasi dan menguatkan upaya pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku atau subjek pembangunan, dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, beretos kerja, dan memiliki gotong-royong,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Dukung Digrebek Banjar Festival di Kecamatan Marga

Keterlibatan TNI dalam pembangunan di desa, lanjutnya, pada hakikatnya adalah bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa, sebagaimana amanat butir ke-3 Nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggiran atau dari desa.

Revolusi mental yang diikrarkan pada 2015, lanjutnya, harus dimaknai sebagai suatu gerakan fundamental. Baik dari cara pandang, pikir, dan cara kerja segenap elemen masyarakat bangsa, yaitu tataran pemerintahan yang dituangkan dalam tiga pilar revolusi mental. Dia mengajak segenap komponen bangsa, khususnya masyarakat Bali dan komponen TNI, meningkatkan kualitas pengabdian kepada daerah.

Baca Juga :  Jaga Kebugaran, Petugas dan WBP Lapas Tabanan Kompak Ikuti Kegiatan Senam Bersama

Sementara Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Herwin Gunawan melaporkan, TMMD ke-99 TA 2017 Kabupaten Tabanan, berlangsung mulai 4 Juli hingga 2 Agustus 2017. Kegiatan utama, antara lain pelebaran dan pengerasan badan jalan sepanjang 1.175 meter, betonisasi, pembuatan senderan, serta pemasangan gorong-gorong di Dusun Jelijih Kelod, Desa Jelijih Punggang, Kecamatan Pupuan.

Ada pula sasaran tambahan yang dilakukan. Antara lain pembuatan senderan, bedah rumah, pembuatan jamban, dan tempat pembuangan sampah. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi. Semoga kerja sama ini bisa terus berlanjut dan bisa terus membantu kegiatan untuk masyarakat,” ujar Letkol Herwin.

Baca Juga :  Bungan Desa Ke-46, Bupati Sanjaya Angkat Potensi Agrowisata di Desa Megati

TMMD kali ini bertema “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kita Percepat Pembangunan Daerah, guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI”. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News