Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Berkat kesuksesan Pemkab Tabanan dalam menjalankan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Kali kedua, Tabanan jadi tempat belajar tentang Sanimas dan Pamsimas. Setelah Papua Nugini, giliran rombongan dari Srilanka. Rombongan diterima Sekda Kabupaten  Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, di Balai Pertemuan Desa Peken Belayu, Jumat (14/7/2017).

Rombongan Integrated Training Network(AIT Network) bekerja sama dengan Water Supply And Sanitation Improvement Projeck (WaSSIP) Minestry of City Planning Srilanka mengagendakan kunjungan lapangan ke Sanimas KSM Widya Karya Br. Peken Belayu Marga, Pamsimas Desa Tegal jadi Marga dan terakhir di Sanimas KSM Inah Lestari di Br. Tunggal Sari Dauh Peken Tabanan.

Pimpinan rombongan Srilanka N.U.K Ranatunga mengatakan, orang Indonesia  sangat ramah dan baik hati dan dia juga mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang sangat meriah. “Kami sangat senang dan merasa terhormat karena kedatangan kami diterima oleh pak sekda yang mewakili Bupati Tabanan, ditengah kesibukan beliau,” ujar Ranatunga.

Ranatunga menjelaskan tujuan kedatangannya adalah untuk belajar, berbagi pengalaman bagaimana pengelolaan air minum dan sanitasi masyarakat, sehingga permasalahan di Srilanka seperti buang air sembarangan bisa teratasi.

Baca Juga :  Wujud Sradha Bhakti, Pemkab Tabanan Laksanakan Bhakti Penganyar Di Pura Agung Besakih Warsa 2024

Sebelumnya Perbekel Desa Peken Belayu mengaku bangga atas kunjungan rombongan dari Srilanka. “Kami ucapkan selamat datang di Desa Peken Belayu, dan kebanggaan bagi  bisa menerima kunjungan dari Srilanka untuk belajar dan berbagi pengalaman tentang pengelolaan air dan sanitasi masyarakat,”ujarnya.

Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa  mengatakan, Kabupaten Tabanan telah mengikuti program pamsimas mulai dari program pamsimas II , dan merupakan satu-satunya kabupaten di Bali yang memanfaatkan program pamsimas. Program Sanimas dan Pamsimas  dilaksanakan dengan proses pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan prakarsa, inisiatif dan partisipasi aktif masyarakat dalam memutuskan, merencanakan menyiapkan, melaksanakan, mengoperasikan dan memelihara sarana yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakat.

Baca Juga :  Apresiasi Kegiatan Masyarakat, Bupati Tabanan Hadiri Turnamen Ceki di Desa Tunjuk

“Dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku sehingga sangat dibutuhkan peran serta aktif masyarakat untuk kesuksesan program ini,” tegas wirna.

Sekda Wirna melanjutkan dengan telah terbangunnya sistem sanitasi komunal melalui program sanimas dan sistem penyediaan air minum pedesaan melalui program pamsimas, diharapkan mampu meningkatkan target capaian air minum dan sanitasi masyarakat sehingga dapat mendukung pencapaian akses universal nasional. “Keberlanjutan sangat penting untuk dilaksanakan sehingga permasalahan air minum dan sanitasi dapat dituntaskan, dan saya berharap kunjungan studi banding  ini dapat menjadi ajang tukar ilmu dan pengalaman dalam rangka memenuhi akses air minum dan sanitasi di masyarakat yang pada nantinya dapat mendukung demi terwujudnya Tabanan Serasi, sejahtera, aman dan berprestasi,” tutupnya.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024

Sekda Wirna Ariwangsa juga berkesempatan memberikan cinderamata yang diterima oleh pimpinan rombongan Srilanka N.U.K Ranatunga. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News