Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – UGM kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti International Summer Course (ISC) on Advanced Marine Biology. Kegiatan berlangsung pada 7-14 Juli 2017 bertempat di Nagoya University, Jepang ini.

Pada tahun ini UGM mengirimkan tiga mahasiswanya yaitu Riris Anindya Ghifari dan Dewi Permatasari dari Fakultas Biologi dan Catur Rudy Atmoko dari Fakultas Pertanian. Sebelumnya, pada tahun 2016 UGM mengirimkan tiga mahasiswa Fakultas Biologi dan satu mahasiswa Fakultas Pertanian UGM. Sedangkan pada tahun 2015 UGM mengirimkan 5 mahasiswa Fakultas Biologi

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

Riris menjelaskan ISC 2017 diikuti 12 peserta dari berbagai negara di dunia. Selain Indonesia, kegiatan ini turut diikuti peserta dari Malaysia, Tiongkok, Jepang, Prancis, Meksiko, Austria, dan Singapura.

“Disana kami mempelajari mengenai ilmu biologi dasar seperti dasar taksonomi hewan, observasi pada proses fertilisasi,” ungkapnya, Senin (24/7/2017).

Para peserta juga berkesempatan mempelajari tahapan perkembangan bulu babi dan Ascidian.  Tidak hanya itu, mereka juga belajar tentang analisis filogenik molekuler, analisis proteomik, serta teknik editing genom. Disamping melakukan kegiatan di laboratorium, mereka juga melakukan eksplorasi laut dengan melakukan pengambilan sampel biota laut di zona intertidal Pulau Sugashima, sampling plankton di daerah seashore dan offshore untuk membandingkan jenis plankton di kedua lokasi tersebut.

“Kami juga diberi kesempatan mengunjungi Toba Aquarium untuk mempelajari biota-biota laut yang dapat ditemukan di perairan Jepang,” ujarnya.

Baca Juga :  Semarak Hardiknas, Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Sapa Siswa TK di Denut dan Denbar

Sementara Dekan Fakultas biologi UGM, Dr. Budi Setyadi Daryono, M.Agr.Sc., menyampaikan melalui kegiatan ISC 2017 ini diharapkan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan riset di bidang biologi kelautan dan menambah pengalaman serta jejaring di tingkat internasional. Disamping hal tersebut, secara institusional  kerja sama antara Fakultas Biologi UGM dengan Nagoya University yang telah terjalin sejak tahun 1995 diharapkan bisa semakin kuat. Kerja sama bisa semakin diperluas tidak hanya dalam pertukaran mahasiswa saja. Namun, juga dapat dibangun kolaborasi riset untuk pengembangan penelitian bidang kelautan di Indonesia. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News