Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG  – Festival Bupaya Pertanian Kabupaten Badung ke -6 yang sudah berlangsung tanggal 15 Juli lalu, resmi ditutup Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Gst Agung Ketut Sudaratmaja di areal Jembatan Tukad Bangkung, Petang, Selasa (18/7/2017). Acara penutupan dihadiri Kepala Perangkat Daerah, Perbekel Desa Pelaga dan Desa Belok Sidan serta seluruh peserta Festival.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan IGAK Sudaratmaja menyampaikan bahwa Festival Budaya Pertanian ke-6 ini mengambil tema “ANGAJAP LANGO” (mendambakan seni) adalah bentuk ekspresi dan apresiasi masyarakat terhadap Seni dan Budaya sebagai modal dasar, yang selama ini telah mampu menggerakkan partisipasi masyarakat di Kab Badung dalam pembangunan.

Ekspresi dan apresiasi tersebut sudah tentu diikuti penghargaan semoga pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kab Badung ke depan selalu dalam nuansa dan aura positif yang berlandaskan budaya.

Setalah dicermati pelaksanaan Festival Budaya Pertanian ke-6 tahun 2017 ini telah berjalan dengan baik bahkan sangat semarak yang terlihat dari meriahnya pembukaan, tingginya apresiasi masyarakat, demikian pula pelaksanaan agenda Festival berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti.

“Semakin tahun, festival ini semakin menunjukan perubahan yang signifikan, semakin kreatif dan semakin mendapatkan dukungan masyarakat.Demikian pula makna festival yang berdimensi investasi, edukasi dan penciptaan daya saing khususnya untuk Badung Utara terlihat semakin nyata,” jelasnya.

Berkaitan dengan perspektif pengembangan Festival untuk pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat, pihaknya sependapat bahwa kegiatan kegiatan OPD yang ada dapat disinergikan di festival ini, seperti Job Fair, lomba-lomba dalam pengembangan minat baca. Dengan demikian festival budaya pertanian ini juga akan menjadi semacam “ONE STOP SERVICE” untuk  pelayanan publik dan media edukasi bagi masyarakat.

Baca Juga :  PT Samator, Memimpin Industri Gas Indonesia

Dalam rangka lebih memperkenalkan potensi badung utara, dan memperkuat sinergi pertanian-pariwisata sebagai salah satu tujuan Festival, telah dirintis “BADUNG FUN RUN 3 K”, mulai dari lapangan parkir Pura Puncak Mangu sampai dengan Jembatan Tukad Bangkung.

Kegiatan ini ternyata mendapatkan sambutan meriah masyarakat, tercatat hadir sekitar 1000 perserta. Kedepan acara ini bisa dikemas lebih baik dan profesional dengan mengundang para pelari Nasional dan Internasional dengan rute yang menantang. Sementara rute yang ada sekarang tetap dipertahankan untuk masyarakat lokal.

Satu ide juga muncul yaitu menggelar dinner diatas jembatan tukad bangkung, yang bisa dikemas dengan hiasan lampu spektakuler sehingga menjadi paket wisata yang menarik. Sudaratmaja juga menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba. Dimana lomba lomba yang diadakan di acara Festival ini telah memadukan secara seimbang antara yang bertema modern dan tradisioanal.

Baca Juga :  Bali Tuan Rumah Musrenbang Kejaksaan RI, Pj Gubernur Bali Undang Para Peserta Mengenal Bali Lebih Dalam

Dengan demikian penguatan daya saing khususnya sumber daya manusia  di kab badung, akan mampu menguasai iptek sesuai tuntutan global, namun tidak kehilangan karakter budaya seperti diharapkan dalam tema Festival ini.

Seksi lomba Festival Budaya Pertanian I Made Mertayasa melaporkan menetapkan juara lomba lomba kegiatan Festival Budaya Pertanian di Kab Badung tahun 2017. Kepada juara lomba-lomba diberikan penghargaan/hadiah berupa piagam penghargaan, tropy dan uang pembinaan.

Juara lomba pawai : I. Damauh Art kec kutsel, II. listibia Kec Mengwi, III. Sanggar Dewi Ruci Kec Abiansemal. Juara Lomba Stand Pameran : I. KWT Melati Kec Abiansemal, II. Kabar Indah Kec Kuta dan III. Klp Tani Subak Bantan Kec Kuta Utara. Juara lomba karya ilmiah PPL : I. Ir Wayan Kertiyasa, II. Ir Jarek Putradi dan III. Nengah Sujana. Juara teknik Penyuluhan : I. Ni Md Putri Nresti Utami, II. Ayu Dwi Krismandari dan III. I Kd Inka Fadila. Juara Lomba Kuliner : I. KWT Tunas Sari Kec Abiansemal, II. KWT Puluk puluk kec Kutsel dan III. KWT Merta Nadi Kec Petang. Juara Lomba Carving Buah : I. STT Kecmatan Kuta, II SMK Witaharapan Kec Kuta Utara dan III. SMK PGRI 1 Kec Abiansemal. Juara Lomba Gebogan: I. KWT Inti Sari Kec Kuta, II. KWT Tanjung Benoa Kutsel dan III. KWT Sari Nadi Kec Mengwi. Juara Lomba Membuat Topi Kelangsah : I. I Kd Suardana Kec Kutsel, II. I Md Tangkas Kec Kuta Utara dan III. I Kd Enju Paputra kec kutsel. Juara Favorit membuat topi Kelangsah I Nym Ardi Ariastika Kec Mengwi. Juara Lomba Merangkai Bunga : I. Ni Kd Ayuni Sari dan Ni Luh Ariastini Kec Petang, II. SMK Witaharapan Kec Kuta Utara dan III. STU Tangeb Kec Mengwi. Juara Lomba Membuat Hidroponik Mini : I. Corolona ‘s Garden Kec Abiansemal, II. Klp Subak Uma Dalem, Kec Mengwi dan III. Yuhana Farm Kec Petang. Juara Lomba Mewarnai Anak SD : I. Ni Kd Prita Gayatri, II. I Md Oka Antara, III. Ni Md  ida Anggreni, IV. I Kd Wira Yoga, V. I Gd Fera Dwipayuana dan VI. I Kd Agus Antara. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News