Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BALI – Tinggal 2 Hari lagi! Bagi Anda yang ingin mengikuti Lomba foto Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017 masih punya waktu. Para nitizen yang doyan selfie dan mengabadikan keindahan PKB 2017 masih punya peluang menjadi jawara. Pasalnya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Panitia PKB baru akan menutup lomba pada 30 Juni 2017.

”Ayo yang belum kirim fotonya, masih punya peluang. Karena event ini dibuka dari tanggal 10 Juni hingga 30 Juni 2017. Panitia sudah berkoordinasi dengan kami bahwa batas mengunggah foto sampai tanggal 30 Juni 2017 jam 24:00 Wita.  Penjurian berlangsung 1 Juli sampai dengan 3 Juli 2017,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Yuniartha Putra, seperti dilansir dari laman resmi facebook Kemenpar.

Seperti diketahui, PKB 2017 dilaksanakan sejak 8 Juni hingga 10 Juli 2017 di Taman Budaya, Denpasar. Kemenpar dan panitia PKB 2017 telah mempersiapkan hadiah sebesar Juara I    : Rp7 Juta, Juara II   : Rp 5 Juta, Juara III  : Rp3 Juta, Juara Harapan   : 10 pemenang @ Rp2.5 Juta, Hadiah Hiburan : 20 set hadiah.

Pria yang biasa disapa Agung itu mengatakan, lomba berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia, kecuali Panitia Pesta Kesenian Bali 2017. Tidak dipungut biaya dalam mengikuti lomba ini, pemotretan dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel, tablet, dan kamera digital, foto diunggah ke Instagram. ”Wajib follow dan mention ke @pestakesenianbali2017 dan diberi hastag #lombafotopkb2017 #PesonaIndonesia #pkbulundanu2017 #WonderfulIndonesia,” ujar dia.

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Tabanan Laksanakan Persembahyangan Bersama Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot

Caranya ? gampang banget. Kata Agung, foto yang diunggah disertai dengan nama peserta, domisili, judul foto, narasi foto berupa uraian ringkas/informasi pagelaran. ”Selain itu, foto milik sendiri dan belum pernah atau tidak sedang diperlombakan di tempat lain, peserta dapat mengirimkan lebih dari satu foto, foto tidak mengandung unsur SARA dan pornografi, rekayasa digital hanya diizinkan dalam bentuk: cropping, highlight, shadow, tidak boleh menggabungkan dua atau lebih objek foto dan menambah atau mengurangi objek foto,”jelas pria asli Bali itu.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, Kemenpar juga nantinya berhak menggunakan foto-foto pemenang sebagai bahan publikasi. ”Penilaian juga dilakukan oleh juri yang kompeten, yakni Bapak Moh. Noer Sadono, A.A. Ngurah Anom Manik Agung, Ssn,A.FPSI, Tjandra Hutama Kurniawan, dan Agung Parameswara,” beber Agung.

Baca Juga :  Jembrana Gelar Tawur Kesanga di Catus Pata Simpang Sudirman 

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap lomba ini bisa mendunia. Kata Menpar Arief, dari 250 juta penduduk Indonesia, 63 juta terkoneksi dengan internet aktif dan 95% di antaranya memiliki akun media sosial. Indonesia menempati nomor empat pengguna Facebook terbesar dunia, setelah USA, Brazil, dan India. Pemilik akun Twitter ada 19,5 juta atau terbesar kelima dunia  setelah USA, Brazil, Jepang, dan Inggris.

“Yang sedang ngetop saat ini adalah platform Instagram di Indonesia dengan pertumbuhan 14 juta akun. Sudah tepat memilih Instagram,”ujar pria asli Banyuwangi itu

Seperti diketahui, Lomba foto Instagram ini merupakan lomba yang kedua kalinya yang dilakukan dan didukung oleh Kemenpar. PKB sendiri sudah berlangsung ke-39 sejak tahun 1979.

Baca Juga :  Rangkaian Nyepi, Pemkot Denpasar Gelar Tawur Agung Tilem Kesanga di Kawasan Catus Pata Patung Catur Muka

Nantinya, foto PKB 2017 akan diseleksi oleh tim juri yang profesional. Instagram kini menjadi media sosial yang sangat digandrungi di dunia, khususnya bagi anak muda.  Faktanya, ada sekitar 400 juta pengguna Instagram di dunia.

Di Indonesia, 97% pengguna Instagram menulis komentar dan menandai teman-temannya dengan fitur Like.Selain itu, 85% pengguna Instagram di Indonesia juga membuat link akunnya ke platform media sosial lainnya, seperti Facebook, Path, dan Twitter. “89% instagrammers adalah anak-anak muda 18-35 tahun. Karena itu, kita tunggu karya-karya anak muda di PKB 2017 dan para pemenangnya,” kata Menpar Arief Yahya. (*/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News