BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni  merupakan sebuah momentum Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia. Hal ini harus diketahui asal usulnya oleh seluruh masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi.

Untuk itu Peringatan Hari Lahirnya Pancasila serentak diperingati diseluruh Indonesia di setiap kantor instansi pemerintah baik pusat, daerah, maupun kantor perwakilan Indonesia di luar negeri. Begitu juga Pemerintah Kota Denpasar yang memperingati Hari Lahirnya Pancasila dengan penyelengaraan apel upacara bendera, Kamis (1/6/2017) di Lapangan Lumintang.

Pelaksanaan Apel yang berlangsung mulai pukul 7.30 Wita dengan inspektur Upacara Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra yang diikuti seluruh jajaran ASN dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar, Pimpinan OPD Pemkot Denpasar, dan Perusahaan Daerah.  Tampak pula dalam apel ini dihadiri Wakil Walikota Denpasar I.G.N. Jaya Negara dan Sekda Kota Denpasar A.A.N. Rai Iswara, serta jajaran Poltabes Denpasar

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Walikota I.B. Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, Pancasila merupakan  hasil dari  satu  kesatuan  proses yang  dimulai  dengan  rumusan  Pancasila tanggal 1 Juni  1945. Perumusan ini  dipidatokan lr.  Sukarno,  Piagam  Jakarta tanggal  22  Juni 1945,  dan  rumusan  final  Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945.

Hal ini sebagai jiwa  besar para founding  fathers,  ulama  dan pejuang  kemerdekaan  dari  seluruh  pelosok  Nusantara sehingga  kita  bisa  membangun kesepakatan  bangsa yang mempersatukan  kita. Dimana komitmen  pemerintah  untuk penguatan  Pancasila sudah jelas dan  sangat  kuat.

Berbagai  upaya  terus  dilakukan dan telah  diundangkan  Peraturan  Presiden  Nomor  54 Tahun  2017  tentang  Unit  Kerja  Presiden  Pembinaan  ldeologi Pancasila.  Bersama  seluruh  komponen  bangsa,  lembaga  baru ini  ditugaskan  untuk  memperkuat pengamalan  Pancasila dalam kehidupan  sehari-hari, yang  terintegrasi  dengan program-program  pembangunan.

Disamping itu pengentasan  kemiskinan, pemerataan  kesejahteraan  dan berbagai  program  lainnya, menjadi  bagian  integral  dari  pengamalan  nilai-nilai  Pancasila.

Untuk itu diminta kepada seluruh komponen menjaga perdamaian,  jaga  persatuan,  dan jaga persaudaraan  di antara  sesama.  Mari  saling  bersikap  santun, saling  menghormati,  saling  toleran,  dan saling  membantu untuk  kepentingan  bangsa serta mari  kita  saling  bahu-membahu, bergotong  royong  demi  kemajuan  lndonesia. Walikota Rai Mantra juga mengucapkan Selamat  Hari Lahir  Pancasila.

Kita lndonesia,  Kita Pancasila.  Semua Anda  lndonesia,  semua  Anda  Pancasila. Saya lndonesia,  saya  Pancasila.  (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :