Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kesehatan merupakan investasi dalam pembangunan. Untuk itu perlu adanya upaya pendekatan keluarga, masyarakat serta pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini ditekankan Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta saat membuka Gerakan Masyarakat (GerMas) Hidup Sehat bertempat di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Karangasem, Jumat (26/5/2017).

Labih lanjut Sudikerta menyampaikan munculnya permasalahan kesehatan dalam kurum waktu ini ditandai dengan masih tingginya Angka Kematian Ibu dan Bayi, masih dijumpainya balita yang pendek, konsumsi sayur, buah dan garam beryodium yang masih kurang di masyarakat.

Baca Juga :  Astra Honda Motor Kembali Sabet SQ Award Diamond

Dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat diharapkan seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berperilaku sehat dalam meningkatkan kualitas hidup. “Melalui kegiatan ini diharapkan secara bertahap masyarakat akan berubah dari perilaku hidup tidak sehat menjadi hidup sehat,” kata Sudikerta.

Perilaku hidup sehat dapat dilakukan dengan lima langkah yaitu melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur setiap hari, secara rutin mengecek kesehatan, tidak merokok, dan pemberantasan sarang nyamuk.

Sudikerta juga mengajak masyarakat untuk makan makanan bergisi sayur mayur dan mengganti makanan daging-dagingan dengan makanan ikan melalui gerakan makan ikan.

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumantri mengatakan kegiatan ini juga dibarengi pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Mas Sumantri mengajak masyarakat mengikuti Germas Hidup Sehat yang merupakan langkah awal membangun masyarakat yang sehat dan tangguh untuk mempersiapkan persaingan ekonomi global.

Baca Juga :  Lagi, Pemkot Denpasar Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2019

Kegiatan dengan tema “Menggerakkan Masyarakat dalam Kampanye Hidup Sehat” ini juga dihadiri Wakil Bupati Karangasem, Forkompimda Kabupaten Karangasem, Kepala BPJS Karangasem, dan olahragawan Ade Rai. (humas-bali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :